Costa Concordia Bergerak Menuju Pelabuhan Genoa

Operasi besar untuk memindahkan kapal Costa Concordia sudah menghabiskan dana sampai hari ini sebesar 1 miliar dolar AS. Dimulai dengan usaha  mereka untuk menegakkan bangkai kapal itu pada bulan September 2013.

(Business Lounge – World News) – Kapal mewah Costa Concordia ini telah kandas di pulau Giglio sejak dua setengah tahun yang lalu tepatnya setelah kapal itu menabrak karang pada bulan Januari 2012. Sejak itu bangkai kapal mewah yang membawa 4.229 penumpang masih terdampar di lepas pantai Giglio.

Operasi besar untuk memindahkan kapal Costa Concordia sudah menghabiskan dana sampai hari ini sebesar 1 miliar dolar AS. Dimulai dengan usaha  mereka untuk menegakkan bangkai kapal itu pada bulan September 2013. Pekerjaan yang sangat memerlukan ketekunan dan ketelitian ini berhasil dilakukan dalam waktu 19 jam.  Ada ratusan insinyur serta teknisi yang mengambil bagian dalam tim khusus untuk memindahkan bangkai kapal ini.

Setelah bangkai kapal itu ditegakkan pada 17 September 213 pukul 4 pagi, masih perlu waktu beberapa bulan lagi sampai bangkai kapal Costa Concordia ini ditarik menuju pelabuhan. Terlebih dahulu badan kapal itu harus diperiksa dan distabilkan.

Handout aerial photo showing the Costa Concordia cruise liner during the refloat operation at Giglio harbour at Giglio Island

Setelah selesai dilakukan pekerjaan konstruksi untuk menstabilkan badan kapal maka pada minggu yang lalu kapal sudah mulai diapungkan dengan bantuan peti peti pelampung raksasa yang ditempelkan di sisi badan kapal. Pada hari selasa kemarin (22/07) kapal Costa Concordia tersebut mulai bergerak dan ditarik menuju pelabuhan Genoa. Dari sejak pagi perairan di sekitar pulau Giglio itu ditutup supaya operasi pemindahan ini bisa berjalan lancar.

Franco Gabrielli, ketua badan perlindungan sipil Italia  mengatakan bahwa kalau kapal tiba di Genoa barulah mereka semua akan merayakan keberhasilannya bersama.

Diperkirakan perjalanan kapal menuju Genoa memerlukan waktu empat sampai lima hari. Bangkai kapal besar itu ditarik dua kapal motor untuk menuju pelabuhan terakhirnya. Setelah itu kapal tersebut akan dipreteli dan dijadikan besi tua.

Bangkai kapal tersebut ditarik ke pelabuhan Genoa dengan kecepatan 3,7 kilometer per jam (2 knot). Pada badan kapal ada berbagai sensor yang ditempel untuk mengawasi kemungkinan keretakan atau kebocoran yang bisa berakibat pada rusaknya lingkungan di sekitar kapal itu..

Penduduk dan walikota pulau Giglio merasa lega dengan semua usaha yang telak dilakukan oleh tim khusus ini yang merupakan kerjasama antara pemerintah dan perusahaan swasta. Menunjukkan bahwa suatu pekerjaan besar ini pasti bisa dilakukan. Franco Gabrielli, ketua badan perlindungan sipil Italia  mengatakan bahwa kalau kapal tiba di Genoa barulah mereka semua akan merayakan keberhasilannya bersama.

Sementara Kapten kapal Fransesco Schettino masih menjalai proses sidang pengadilan atas tuduhannya telah melakukan tindakan yang gegabah dan menimbulkan korban jiwa. Ketika kecelakaan terjadi, kapten sudah pergi dengan perahu penyelamat sementara masih ada ribuan penumpang yang yang belum dievakuasi.

Arum/Journalist/VM/BL
Image : Antara