Pemasok Terbesar Diduga Campurkan Daging Busuk di Beberapa Restaurant Besar Tiongkok

(Business Lounge – Business Today) Pemerintah Shanghai memerintahkan penutupan pabrik OSI Group karena memasok daging busuk untuk restaurant-restaurant besar, termasuk McDonald’s dan Kentucky Fried Chicken. Daging busuk itu dicampur dengan daging segar oleh buruh pabrik OSI Group untuk diolah lagi,  demikian dilaporkan oleh televisi lokal.

Melalui cara itu maka Mc Donald’s maupun restaurant lainnya dikelabui oleh OSI Group. Dilansir dari Shanghai Daily juga dilaporkan bahwa OSI tidak hanya mensuplai Mc Donald’s dan KFC tetapi beberapa restaurant besar lainnya seperti  Starbuck, Sandwich, Subway, Burger King maupun Papa John’s Pizza.

Selain menutup pabrik, pemerintah kota juga menyita bahan mentah dan produk daging olahan OSI yang diduga menggunakan daging busuk. Langkah pemerintah yang didukung oleh Administrasi Makanan dan Minuman Shanghai itu ditindaklanjuti kepolisian dengan menggelar penyelidikan. Kepolisian Shanghai menyatakan jika hal itu terbukti, maka manajemen OSI Group akan diancam hukuman berat.

Sementara  McDonald’s langsung bertindak dengan “segera” menghentikan pengambilan produk dari pabrik OSI. Kentucky Fried Chicken dan Pizza Hut di Tiongkok juga mengambil langkah yang sama. Belum lama ini di Tiongkok juga sempat mengalami skandal yang terkait dengan makanan dan keamanan produknya. Skandal yang masih sangat diingat terjadi pada tahun 2008 lalu ketika untuk produk yang berbasis susu ditemukannya zat melamin. Bahkan skandal itu sampai menelan korban jiwa dengan tewasnya enam bayi dan 300.000 anak yang harus dirawat di rumah sakit.

Selain itu awal tahun kemarin Walmart sebagai raksasa waralaba AS  melakukan inspeksi terhadap pemasoknya di Tiongkok dengan lebih ketat lagi. Hal tersebut harus dia ambil setelah sebelumnya Walmart menarik semua produk daging keledai karena terbukti ada daging rubah di dalamnya. Pelanggaran tersebut sudah menyebabkan ditangkapnya ratusan orang  oleh kepolisian Tiongkok.

Arum/Journalist/VM/BL
Image: Antara