(Business Lounge – Business Today) Adidas telah menemukan “tambatan hatinya.” Keberhasilan piala dunia kemarin telah memantapkan Adidas untuk menjadi sponsor Manchester United.
Manchester United akan terikat untuk mengenakan logo adidas selama 10 tahun ke depan.
Perusahaan pakaian olahraga dari Jerman ini telah setuju untuk membayar klub sepak bola Inggris ini setidaknya £ 750juta ($ 1,3 miliar) selama periode kontrak. Angka ini lebih dari dua kali lipat nilai kontrak dengan Nike yang saat ini masih berlangsung.
Pemenang Piala Dunia Jerman, dan runner-up Argentina, keduanya mengenakan Adidas pada final hari Minggu (13/7) di Rio de Janeiro.
Adidas juga mensponsori tiga pemain yang mendapat penghargaan tertinggi untuk kinerja individu selama turnamen di Brasil.
Berakhirnya Kontrak Dengan Nike
Nike adalah perusahaan pakaian olahraga dengan pendapatan terbesar di dunia. Tetapi di dunia persebakbolaan, Adidas lebih berjaya. Kedua perusahaan ini berharap para pemirsa TV pada Piala Dunia akan meningkatkan bisnis keduanya. Kontrak Nike telah berlangsung selama 13 tahun dan akan berakhir pada penutupan musim 2014 – 2015.
Kesepakatan dengan Nike bernilai minimal £ 23 juta – £ 303juta per tahun. Tetapi selama tiga tahun terakhir bertambah £ 34juta berkat bagi hasil atas penjualan barang dagangan.
Kesepakatan Dengan Adidas
Berdasarkan kesepakatan dengan Manchester United, Adidas akan menyediakan seragam untuk semua tim klub dari sepanjang musim pada 2015 – 2016. Adidas juga akan menjadi distributor eksklusif dari semua barang bermerek Manchester United ke seluruh dunia.
Dari kontrak kerjasama ini CEO Adidas Herbert Hainer berharap akan memperoleh total penjualan hingga £ 1,5 miliar selama masa kemitraan ini seperti yang dilansir sebelumnya oleh CNN.
Adidas tetap menandatangani kesepakatan dengan MU walaupun performance tim ini mengalami penurunan yang tajam setelah ditinggalkan Alex Ferguson yang pensiun tahun lalu.
Ketika dilatih oleh Ferguson, tim ini telah memenangkan liga sepak bola nasional terkaya selama sebanyak 13 kali pada 21 tahun terakhir. Pendapatan ini kemudian digunakan untuk berinvestasi pada pemain dan membangun merek komersial secara global.
Tetapi kemudian tim mengakhiri musim 2013 – 2014 tanpa keberhasilan di liga domestik serta piala kompetisi. Selain itu tim ini juga gagal lolos ke kompetisi top Eropa – Liga Champion – yang berarti hilangnya pendapatan sebesar $ 50 juta terkait siaran dan eksposur TV untuk siaran prime time.
Namun, keberuntungan klub ini di luar lapangan terus meningkat. Sejak Januari hingga Maret 2014, Manchester United melaporkan perolehan pendapatan dan laba usaha yang mencapai rekor. Pendapatan Broadcast naik 64% dan pendapatan komersial meningkat sebesar 19%.
Kontrak baru dengan Adidas ini bernilai lebih dari harga penyelenggaraan Liga Utama Inggris (£ 64 juta pada tahun 2013). Hal ini menjadi sumber tunggal terbesar pendapatan MU.
uthe/Journalist/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana
Image : Adidas