“Temperature Controlled City” Pertama Di Dunia, Akan Hadir di Dubai

(Business Lounge – News) Apakah anda pernah membayangkan tinggal di sebuah kota yang suhunya dapat diatur? Jika musim panas tiba dan matahari begitu menyengat, maka kota anda dapat tetap sejuk. Jika musim dingin tiba, kota anda tetap hangat. Dalam mimpi? Tidak! Dubai akan segera memilikinya.

“Temperature Controlled City” akan segera hadir di Dubai.

Motw1

Diprakarsai oleh Dubai Holding, kota kecil ini akan dibangun di atas area seluas 4,8juta kaki persegi (sekitar 14 km2) dan menjadi sebuah indoor city (kota di dalam ruangan). Kota kecil ini akan dinamai “Mall of The World”yang nantinya akan menjadi pusat dari para turis di Dubai.

Maket

Pada “Mall of The World” tentu saja akan dibangun mall terbesar di dunia, sebuah komplek budaya, sebuah taman hiburan dan 20ribu kamar hotel. Terlebih lagi, jalan-jalan sepanjang 7km yang ada di area ini akan ditutup dengan atap yang dapat dibuka selama musim panas, sehingga kota ini akan menjadi “Temperature Controlled City” yang pertama di dunia.

Motw5

Mall of The World akan dibangun di Sheikh Zayed Road, dengan asumsi akan menampung 180 juta pengunjung selama setahun. Hal ini jelas akan meningkatkan industri pariwisata Dubai. Tidak hanya pada musim turis tetapi juga pada musin panas. Dengan demikian, apa yang telah dicanangkan oleh Perdana Menteri UEA Sheikh Mohammed Bin Rashid untuk menjadikan Dubai sebagai tujuan wisata sepanjang tahun akan lebih mudah terealisasi. Sebab masalah temperatur tidak lagi akan menjadi halangan.

Sampai hari ini, industri pariwisata sudah menjadi salah satu mesin utama perekonomian UAE.

Mall of The World

Mall of The World kelak akan berisikan pusat perbelanjaan terbesar di dunia, dengan total luas lantai mencapai 8 juta kaki persegi (lebih dari 2 km2).

Mall

Juga akan terdapat 100 hotel baru dan serviced apartments dengan total kamar sebanyak 20.000 kamar.

Motw8

Belum lagi taman keluarga indoor terbesar di dunia.

indoor park

Sebuah area budaya termasuk teater yang menyerupai New York Broadway, ‘The Celebration walk’ meniru Las Ramblas di Barcelona, dan jalan-jalan belanja berdasarkan London Oxford Street. Sebuah pusat penyelenggaraan event terbesar di Dubai yang dapat menampung 15.000 orang

Motw3

Sebuah “wellness district” seluas 3 juta kaki persegi  yang akan melayani para wisatawan medis.

Motw10

Atap yang akan mengontrol suhu akan melindungi jalan-jalan dengan total panjang 7 km.

Motw4

Ramah Lingkungan

Seperti dilansir oleh archdaily, CEO Dubai Holding Ahmad Bin Byat mengatakan bahwa proyek ini akan mengikuti pedoman hijau dan ramah lingkungan sesuai dengan model dari Smart Dubai. Proyek ini akan menggunakan “state-of-the-art technology” untuk mengurangi konsumsi energi dan emisi karbon serta memastikan tingkat kelestarian lingkungan yang tinggi dan operasional yang efisiensi.

Komplek ini akan dikembangkan secara bertahap sejalan dengan pertumbuhan wisata keluarga di Dubai yang juga bertahap. Untuk pembangunan komplek ini dibutuhkan Dh25 miliar ($ 6,8miliar) selama 10 tahun ke depan.

uthe/Journalist/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana
Image: Youtube