Si Motif Tartan Yang Terus Bikin Untung

(Business Lounge – Business Today) Para penggemar mode akan merasa tidak asing dengan brand/merek Burberry. Motifnya tartannya yang menarik akan sangat mengoda penggemarnya untuk memilikinya.

Burberry telah membukukan angka penjualan yang bagus menjelang pertemuan tahunannya pada Jumat (11/7). Walaupun saat ini rumah mode Burberry menghadapi protes dari para pemegang saham sehubungan dengan atas paket remunerasi yang diberikan kepada bos baru mereka, Christopher Bailey dengan angka lebih dari £20 juta.

Angka penjualan ini tidak terlepas dari pertumbuhan penjualan di Asia-Pasifik dan Amerika yang mencapai dua digit. Sedangkan pertumbuhan penjualan di Eropa, Timur Tengah, India dan Afrika hanya berkisar pada satu digit.

Merek mewah asal Inggris ini telah mencapai pertumbuhan penjualan sebesar 12% dalam tiga bulan hingga 30 Juni lalu. Ini jelas melampaui perkiraan yang kemudian berdampak kepada meningkatnya harga saham sebesar 5% ke angka £ 14,91 pada awal perdagangan. Total pendapatan ritel naik menjadi £ 370m atau dilaporkan naik 9%.

Namun selanjutnya angka penjualan ini akan sangat dipengaruhi oleh nilai tukar mata uang mereka. Jika nilai tukar tetap seperti saat ini, maka dampak yang akan mempengaruhi keuntungan pada 2015 akan sangat significant.

Mengenal Merek Burberry

Burberry Group plc adalah rumah mode mewah asal Inggris, yang mendistribusikan pakaian, aksesoris fashion, wewangian, kacamata hitam, dan kosmetik.

Motif tartannya yang sangat khas telah menjadi salah motif yang paling banyak ditiru oleh banyak usaha dagang. Sebenarnya, Burberry paling dikenal untuk jas hujan, yang dirancang oleh pendirinya Thomas Burberry. Produk ini dibuat pada tahun 1880, ketika Burberry memperkenalkan kain tahan air namun nyaman untuk dipakai. Benang yang dipakai adalah benang waterproofed yang kemudian ditenun.

Perusahaan telah memiliki toko bermerek Burberry dan waralabanya di seluruh dunia dan tidak hanya itu, produk Burberry pun banyak dijual oleh toko-toko yang bekerja sama dengan Burberry.

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Wales telah menganugerahkan “the Royal Warrant” kepada perusahaan ini walaupun sebenarnya pabrik Burberry di Wales telah ditutup. Predikat the Royal Warrant diberikan selama berabad-abad kepada pemasok barang atau jasa kepada Kerajaan.

Menurut laporan tahunan untuk 2013 yang dikeluarkan oleh INTERBRANDS 2013, Burberry menduduki posisi ke 77 sebagai “valuable brand” di dunia.

Burberry didirikan pada tahun 1856 ketika Thomas Burberry berusia 21 tahun. Pada waktu itu berdasarkan pengalaman magangnya pada pedagang kain, ia memutuskan untuk membuka toko sendiri di Basingstoke, Hampshire, Inggris. Bisnis ini pun berkembang pesat.

Nama asli merek ini adalah “Burberry” tetapi kemudian banyak orang menyebutnya menjadi “Burberrys of London”.

Pertemuan Tahunan

Jumat ini akan dilangsungkan pertemuan tahunan dengan salah satu pembahasan dengan pemegang saham yang mengajukan protes atas paket yang diberikan kepada CEO Bruberry tersebut. Mereka beranggapan bahwa ini sangat berlebihan oleh karena jumlahnya yang dapat mencapai 825% dari gaji pokok.

Sampai hari ini, perusahaan yang telah berumur 158 tahun ini terus merambah bisnisnya.

uthe/Journalist/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana
Image : Wikimedia