Kehilangan Profit, Lufthansa Luncurkan Jasa Penerbangan Jarak Jauh dengan Harga Murah

(Business Lounge – News) Lufthansa menggeliat, setelah kehilangan profit sebesar 2 milliar U.S dollar dari nilai pasar penerbangan dalam satu hari. Perusahaan penerbangan Jerman ini melakukan terobosan baru dengan meluncurkan sebuah merek penerbangan yang menawarkan jasa penerbangan jarak jauh dengan harga yang murah. Pemimpin eksekutif baru Lufthansa memaparkan terobosan ini bertujuan untuk menandingi perusahaan maskapai penerbangan dari Timur Tengah dan menarik daya beli konsumen dari kalangan bawah hingga menengah.

Selain itu, Lufthansa pun berusaha untuk memulihkan keadaannya dalam jangka waktu yang singkat, yaitu periode 2014-2015.

Menarik Investor dan Menambah Penjualan Kursi

Carsten Spohr, CEO Lufthansa yang sebelumnya memegang kendali sebagai maskapai penerbangan besar di Eropa, sejak bulan mei kemarin harus menarik kembali investor-investor untuk mengatasi penurunan profitnya.

Tidak hanya itu, untuk memulihkan keadaan dalam jangka waktu yang pendek periode 2014-2015, Lufthansa akan meningkatkan jumlah penjualan kursi pesawat dari 2 persen menjadi 4 persen yang sebelumnya telah direncanakan akan dicapai pada musim dingin mendatang.

Langkah lainnya yang maskapai ini lakukan adalah dengan memberikan potongan harga yang cukup menggiurkan untuk rute Atlantik Utara.

Seperti yang dilansir oleh theguardian, Spohr menegaskan bahwa maskapai penerbangan Lufthansa akan lebih fokus dalam menarik turis wisatawan dengan harga yang terjangkau dan murah serta service yang “standard”.

Dilanda Kebimbangan

Diberitakan bahwa Lufthansa masih dilanda kebimbangan dalam menyusun strategi dalam menghadapi persaingan pasar ini. Pasalnya, maskapai penerbangan dari timur tengah dengan agresifnya melakukan pengembangan terhadap rute jarak jauh. Sementara itu, jika ingin menarik daya beli konsumen penerbangan jarak pendek, mereka harus menurunkan harga tiket.

Terlebih lagi, pasar kargo yang merupakan andalan Lufthansa, tidak dapat segera pulih seperti yang diharapkan.

Permasalahan ini juga dirasakan oleh Air France-KLM yang dilaporkan mengangkut kapasitas yang berlebihan, hanya semata-mata untuk menaikan profit perusahaan dalam pekan ini.

Saham Lufthansa Perlahan Pulih, Terus Melakukan Ekspansi

Perlahan-lahan harga saham Lufthansa dikabarkan mengalami pemulihan dengan menurunnya profit yang diraih oleh maskapai Air France.

Di antara maraknya persaingan ketat antara perusahaan maskapai penerbangan dunia, Lufthansa terus berusaha mendapatkan pasarnya serta melakukan ekspansi.

Untuk memuluskan rencananya ini, Lufthansa akan melakukan kerjasama dengan pemegang saham group “Wings,” yang telah melebarkan sayapnya dengan maskapai, “Germanwings.” Germanwings telah mengembangkan jasa penerbangan jarak dekat dalam wilayah Eropa.

Sementara itu, untuk penerbangan jarak jauh, berdasarkan industri penerbangan di Jerman, Lufthansa masih mempertimbangkan strategi dan konsep yang akan ditawarkan, penerbangan dari Munich atau Cologne dan Duesseldorf.  Masih belum dapat dipastikan bahwa Lufthansa akan menggandeng maskapai lain atau melakoninya sendiri.

Febriani Piscessa/Journalist/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana
Image: Wikimedia