Festival Sanfermin di Spanyol – Berlari di Depan 8 Banteng

(Business Lounge – News) Peluncuran roket tradisional “chupinazo” di kota Pamplona (Navarre, Spanyol) pada Minggu (6/7) tepat tengah hari telah menandai dimulainya festival San Fermin. Diperkirakan lebih dari 1 juta penonton ikut memeriahkan festival San Fermin yang diiringi dengan sorak sorai, nyanyian lagu-lagu dan tarian kebudayaan Spanyol, kembang api, serta permainan-permainan yang melibatkan anak-anak.

San Fermin festival merupakan acara tradisional Spanyol yang digelar setiap tahun untuk menghormati Santa Fermin di Pamplona. Acara tahunan ini biasanya disambut oleh warga Spanyol yang akan berlari sejauh 825 meter dan diiringi oleh delapan ekor banteng setelah sebelumnya warga akan menghabiskan malam dengan berminum-minum. Para penduduk Spanyol yang berani melakukan adu dengan banteng, juga bisa mengikutsertakan dirinya pada festival yang akan diselenggarakan hingga 14 Juli mendatang ini.

Untuk menghindari celaka akibat serangan atau goresan tanduk banteng maka festival berlari dengan para banteng ini mendapat pengamatan khusus dari para pelatih banteng yang akan mengontrol jalan.

Biaya yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah Pamplona untuk festival ini diperkirakan mencapai 1 juta euro. Festival ini juga diikuti dengan 443 acara lainnya dan diliput oleh media Amerika Serikat, Perancis, Jepang, Inggris, Qatar, Brasil, Canada, Jerman, Italia, Mesiko, Pakistan, Russia, Turki dan Uruguay.

Tepatnya tanggal 14 Juli tengah malam, warga Spanyol yang tinggal di kota Pamplona akan berkumpul di Townhall Plaza. Pada kali ini, setelah 9 hari berturut-turut menyelenggarakan pesta, mereka akan menyanyikan lagu berkabung nasional yang berjudul Pobre de Mí, yang biasa diartikan sebagai “Kasihani Saya.” Beriringan dengan nyanyian, walikota Pamplona akan mengajak warga untuk menyalakan lilin kecil dan melepaskan sapu tangan yang dikenakan menndakan berakhirnya festival ini.

 

Febriani Piscessa/Journalist/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana
Image: antara,youtube