WISATA AIR KAMPUNG NELAYAN

(Business Lounge – Travel)  Mengunjungi Kota Tua Jakarta rasanya tidak lengkap jika tak diikuti dengan berperahu di Kampung Nelayan, Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara. Letaknya yang berada di sebelah pelabuhan membuat perjalanan menuju kesana harus menggunakan perahu. Biaya yang dikenakan sekitar Rp 30.000 – Rp 40.000, tergantung bagaimana kita tawar-menawar.

DSC_0182

DSC_0192

Berperahu di antara rumah- rumah penduduk yang ditopang oleh tonggak-tonggak bambu atau kayu memberikan pengalaman tersendiri. Mayoritas penduduk adalah nelayan. Sayangnya dibalik popularitas kawasan ini, kondisi kesehatan lingkungan kampung nelayan seperti terabaikan. Selama bertahun-tahun Muara Angke menjadi ‘tempat pembuangan sampah’ Jakarta. Tidak hanya itu, kawasan ini juga menjadi langganan banjir.

DSC_0206

DSC_0213

DSC_0242

DSC_0293

DSC_0390

DSC_0396

DSC_0413

Sementara itu, selain terkenal sebagai kampung nelayan dan pasar ikan, Muara Angke juga merupakan rumah bagi hutan mangrove terakhir di Jakarta. Kawasan hutan ini memiliki suaka margasatwa, hutan lindung dan taman wisata dengan berbagai spesies binatang yang dilindungi didalamnya.

Sonang Elyas/Journalist/VM/BL
Editor: Iin Caratri
Foto : Sonang Elyas.