cyber
cyber

Pencuri Cyber Serang Bank Eropa

(Business Lounge – Tech & Gadget) Sebuah perusahaan keamanan telah melaporkan bukti pengungkapan adanya pencurian cyber yang merampok lebih dari 190 nasabah dari sebuah bank Eropa.

Karspersky Lab mengatakan telah mendeteksi komputer server pada bulan Januari yang digunakan untuk mengkoordinasikan serangan. Lebih dari 500 ribu Euro telah berhasil dicuri selama satu minggu.

Perusahaan mengatakan sebagian besar korban berbasis di Italia dan Turki, dan mereka telah melaporkan pada pihak yang berwenang untuk masalah ini.

Namun, sebelum para penjahat diidentifikasi, mereka berhasil menghapus bukti yang bisa digunakan untuk melacak mereka. Perusahaan menolak untuk mengidentifikasi bank yang terlibat.

Karspersky mengatakan bahwa aksi ini dilakukan dengan menyusupkan program Trojan, malware yang mampu mencegat data keuangan dan memungkinkan transaksi palsu yang akan dibuat segera setelah korban masuk ke rekening bank online mereka.

Malware ini dikenal dengan nama Zeus, dan pertama kali terdeteksi pada tahun 2007, yang memungkinkan data yang akan dicuri dari komputer yang menjalankan sistem operasi Windows.

Yusnia/Journalist/VM/BL-bbc
Editor: Evi Fog
Pic: filckr