Review Piala Dunia 2014 Grup E : Hancurkan Swiss, Perancis Lolos ke Babak 16 Besar

(Business Lounge – News) Tim nasional Perancis akhirnya berhasil memastikan satu tiket ke babak 16 besar setelah pada pertandingan kedua di grup E melawan Swiss yang berlangsung di Estadio Arena Fonte Nova, Perancis berhasil menghancurkan Swiss dengan skor telak 5-2 .

Perancis sudah unggul tiga gol di babak pertama lewat Olivier Giroud, Blaise Matuidi, dan Mathieu Valbuena. Kemudian pada babak kedua Prancis menambah dua gol lagi lewat Karim Benzema dan Moussa Sissoko. Sementara dua gol hiburan Swiss dicetak Blerim Dzemaili dan Granit Xhaka.

Pada babak pertama Prancis langsung mengambil inisiatif penyerangan dan hasilnya peluang pertama di laga ini hadir di menit keenam ketika Karim Benzema melepaskan tendangan melengkung dari luar kotak penalti tapi sayang masih melebar di sisi kiri gawang Swiss.

Perancis akhirnya berhasil unggul lebih dulu di menit ke-16 ketika tendangan penjuru yang diambil Mathieu Valbuena tepat mengarah ke kepala Giroud yang memenangi duel udara dengan pemain belakang Swiss. Bola yang mengarah ke gawang sempat ditepis Diego Benaglio tapi sayang bola begitu deras sehingga gol bagi Perancis tidak terelakkan.

Satu menit berselang Perancis berhasil menggandakan keunggulan melalui Blaise Matuidi yang berawal dari kesalahan passing Valon Behrami, bola dikuasai Benzema dan menggiringnya hingga mendekati kotak penalti. Ia kemudian menyodorkan kepada Matuidi di sebelah kirinya dan dituntaskan dengan sepakan kaki kiri ke tiang dekat yang menaklukkan Benaglio.

Swiss mendapat peluang pertamanya di menit 28 ketika Admir Mehmedi menembak dari luar kotak penalti tapi Hugo Lloris mampu menggagalkannya. Bola rebound langsung ditendang Xherdan Shaqiri namun arahnya masih melebar dari gawang.

Perancis mendapat hadiah penalti ketika laga berjalan setengah jam, usai Benzema dilanggar oleh Djohan Djourou. Ia sendiri maju sebagai eksekutor tapi Benaglio mampu menepis bola yang mengarah ke pojok kanan bawah. Bola rebound kemudian disambar Yohan Cabaye tapi mistar gawang menyelamatkan Swiss dari kebobolan lagi.

Perancis benar-benar bisa mendapat gol ketiganya di menit ke-40 melalui skema serangan balik cepat membuat Giroud bebas menggiring bola hingga ke kotak penalti. Giroud kemudian mengirim umpan ke tiang jauh yang dituntaskan dengan baik oleh Valbuena.

Skor 3-0 bertahan hingga turun minum untuk keunggulan Prancis.

Ketika babak kedua dimulai, Perancis masih menguasai laga dan menekan pertahanan Swiss namun mereka kesulitan untuk menambah gol lagi.

Di menit ke-60 kemelut di pertahanan Swiss membuat bola mengarah ke Benzema yang lantas ditendang kencang-kencang tapi masih mengenai kaki bek lawan dan berujung korner.

Benzema akhirnya berhasil membayar tuntas kegagalan penaltinya lewat sebuah gol di menit ke-67 yang menjadikan Perancis unggul 4-0. Berawal dari umpan Paul Pogba yang membelah pertahanan Swiss, bola gagal digapai Phillipe Senderos dan langsung dikirimkan Benzema ke dalam gawang lewat sela kaki Benaglio.

Benaglio kembali harus memungut bola dari gawangnya di menit ke-73 setelah Sissoko meneruskan umpan Benzema dengan sepakan menyilang yang membuat bola bersarang di tiang jauh. Perancis kini memimpin 5-0.

Perancis belum mau berhenti mengancam gawang Swiss setelah pada menit ke-75 ia menepis tendangan Matuidi dengan susah payah dan bola rebound cepat dibuang oleh Senderos, sebelum disambar Valbuena.

Swiss mencetak gol hiburan di menit ke-80 lewat sepakan bebas Dzemaili dari jarak 25 yard. Bola melewati pagar hidup pemain Perancis dan melesak mulus ke pojok kanan bawah gawang Lloris.

Gawang Perancis bobol lagi di menit ke-88 lewat Xhaka dari sebuah sepakan jarak dekat yang menaklukkan Lloris di tiang dekat.

Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan skor 5-2 untuk kemenangan Prancis tidak berubah. Dengan hasil tersebut Prancis berhak meraih satu tiket babak 16 besar sementara bagi Swiss kekalahan ini memaksa mereka harus meraih kemenangan atas Honduras di pertandingan terakhir untuk bisa lolos ke babak 16 besar.

Starting Line-up :

Swiss: Benaglio; Lichtsteiner, Djourou, Von Bergen (Senderos 9′), Rodriguez; Behrami (Dzemaili 46′), Xhaka, Inler; Shaqiri, Seferovic (Drmic 69′), Mehmedi.

Prancis: Lloris; Debuchy, Varane, Sakho (Koscielny 66′), Evra; Sissoko, Cabaye, Matuidi; Valbuena (Griezmann 82′), Giroud (Pogba 63′), Benzema.

Lingga Rizky/Journalist/VMN/BL
Editor : Ruth Berliana