Piala Dunia 2014 Grup G : Hattrick Mueller Antar Jerman Benamkan 10 Pemain Portugal

(Business Lounge – World News) Pertandingan menarik kembali tersaji di laga perdana grup G antara Jerman melawan Portugal. Pada laga yang berlangsung di Estadio Itaipava Arena Fonte Nova, Salvador, Jerman tampil superior menggulung 10 pemain Portugal dengan skor 4-0 dengan Mueller menjadi bintang setelah mencetak hattrick serta satu gol lagi yang disumbang oleh Mat Hummels.

Namun dalam pertandingan tersebut ada yang menarik pada skuat Jerman karena mereka tidak menempatkan striker murni atau dalam istilah strategi false nine. Sementara itu Portugal sudah diperkuat oleh kapten dan juga bintang mereka Cristiano Ronaldo. Namun sayang Ronaldo gagal menampilkan penampilan terbaiknya sehingga membuat timnya kalah telak dari Jerman

Pada babak pertama kedua tim sama-sama mengambil inisiatif menyerang namun peluang pertama justru hadir untuk Jerman pada awal babak pertama yaitu sundulan Mario Gotze yang berhasil dihadang bek Portugal Bruno Alves.

Portugal sendiri tidak mau kalah, dua menit berselang Hugo Almeida mendapatkan peluang emas setelah menerima umpan Ronaldo, tapi sayangnya tendangan Almeida masih terlalu lemah sehingga mampu ditangkap penjaga gawang Jerman, Manuel Neuer.

Peluang juga kembali didapat Portugal melalui kapten timnya yaitu Ronaldo yang tendangan dari sudut sempitnya mampu ditahan Neuer. Sementara satu menit berselang giliran Jerman yang mendapat peluang emas melalui gelandang mereka Sami Khedira yang memanfaatkan kesalahan kiper portugal Rui Patricio dalam membuang bola, sayang tendangannya masih tipis dari gawang.

Selepas peluang Khedira, Jerman terlihat lebih mendominasi dan akhirnya gol yang ditunggu hadir di menit ke sepuluh melalui titik putih. Jerman mendapatkan hadiah penalti setelah Joao Pereira dianggap melanggar Mario Gotze, dan Mueller yang ditunjuk sebagai eksekutor berhasil membawa jerman unggul 1-0.

Tertinggal 1 gol membuat Portugal tersengat, namun sayang peluang demi peluang gagal dikonversi menjadi gol. Namun alih-alih mengejar ketertinggalan Portugal justru harus menerima kenyataan gawangnya kembali dibobol Jerman melalui pemain belakang mereka Mat Hummels yang memanfaatkan tendangan penjuru dari Toni Kroos, 2-0 Jerman memimpin.

Tidak mau menyerah Portugal mencoba bangkit demi mengejar defisit dua gol, tapi alih-alih mengejar ketertinggalan justru portugal harus menerima kenyataan pahit setelah mereka harus bermain dengan sepuluh orang setelah bek mereka Pepe menerima kartu merah setelah melanggar Mueller.

Unggul jumlah pemain Jerman semakin gencar menggempur pertahanan portugal dan hasilnya pada masa perpanjangan waktu babak pertama Mueller kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan kesalahan alves mengantisipasi umpan toni kroos. Jerman memimpin 3-0 dan skor tersebut bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua Portugal melakukan pergantian dengan mengganti Miguel Veloso dengan Rubben Costa demi menambal lubang di lini pertahanan Portugal.

Sementara itu tempo pertandingan tidak berubah namun memang Jerman terlihat sedikit lebih menguasai pertandingan karena unggul jumlah pemain atas Portugal.

Dan hasilnya 5 menit babak kedua berjalan Mueller hampir saja mencetak hattrick ke gawang Portugal setelah lolos dari jebakan offside, namun sayang tendangannya kali ini mampu di blok oleh Rui Patricio, skor masih 3-0 untuk Jerman.

Jerman memang terlihat begitu mendominasi namun Portugal juga tidak menyerah, beberapa peluang didapat Portugal tapi sayangnya belum ada yang membahayakan gawang Jerman yang dijaga Neuer termasuk tendangan bebas Ronaldo yang masih mampu di blok pagar hidup Jerman.

Pada menit ke-60 Jerman melakukan pergantian pemain demi menambah daya dobrak yaitu dengan memasukkan Andre Schurlle yang menggantikan Mesut Ozil.

Ditengah upayanya untuk memperkecil ketertinggalan Portugal kembali harus kehilangan pemain andalannya yaitu Fabio Coentrao yang harus ditarik keluar setelah mengalami cedera dan digantikan oleh Almeida.

Portugal sendiri tidak mau menyerah, armada Paulo Bento ini terus berupaya untuk memperkecil ketertinggalan, tapi keasikan menyerang justru gawang mereka hampir kebobolan kembali melalui sebuah serangan balik cepat, Andre Schurlle mengirim umpan kepada Mario Gotze yang sudah berdiri bebas, sayang tendangannya masih bisa diblok pemain Portugal sehingga hanya menghasilkan tendangan penjuru saja.

Sementara itu senasib dengan Portugal, Jerman juga harus kehilangan bek andalannya yang juga pencetak gol kedua bagi Jerman yaitu Mat Hummels yang mengalami cedera sehingga harus digantikan dengan Shkodran Mustafi.

Pada 15 menit terakhir Portugal terlihat gencar melakukan serangan demi memperkecil ketertinggalan, namun alih-alih memperkecil justru Jerman yang kembali memperlebar jarak. Adalah Mueller yang berhasil mencatatkan hattrick pertamanya di Piala Dunia dan juga pemain pertama yang mencetak hattrick di Piala Dunia 2014 setelah berhasil memanfaatkan kesalahan Rui Patricio dalam mengantisipasi umpan Schurlle, skor 4-0 untuk Jerman.

Selepas gol tersebut pelatih Jerman Joachim Loew melakukan pergantian terakhir dengan memasukkan Podolski dan mengganti pahlawan Jerman pada pertandingan hari ini yaitu Thomas Mueller.

Unggul 4-0 membuat Jerman mengendurkan serangan dan hal itu mulai dimanfaatkan Portugal untuk memperkecil ketinggalan, namun sayangnya hingga pertandingan berakhir skor 4-0 tetap tidak berubah untuk keunggulan tim nasional Jerman. Dengan kemenangan ini Jerman memimpin grup G dengan 3 poin dan Portugal harus puas di dasar klasemen dengan poin 0, sementara dua tim lainnya yaitu Ghana dan Amerika masih baru akan bertanding beberapa jam kemudian.

Starting line-up :
Portugal: Patricio; Coentrao(Almeida 64′), Pereira, Pepe, Alves; Moutinho, Meireles, Veloso(R. Costa 46′); Nani, Ronaldo, H. Almeida.

Jerman: Neuer, Boateng, Mertesacker, Hummels(Mustafi 75′), Howedes, Lahm, Khedira, Kroos, Ozil(Schurlle 60′), Gotze, Muller(Podolski 82′).

(Lingga Rizky/journalist/VM/Business Lounge)
Editor : Fanya Jodie
Image : The Sun