Agen Mata-mata AS CIA Bergabung Dengan Facebook, Twitter

(Business Lounge – World News) – Berteman dengan CIA di Facebook atau Twitter? Kedengarannya aneh. Agen mata-mata AS pada hari Jumat kemarin melangkah maju ke depan melalui media sosial saat mereka mengirimkan tweet pertama mereka pada halaman Twitter resminya, langkah yang langka bagi lembaga ini untuk menunjukkan keterlibatan dengan masyarakat.

“Kami tidak bisa mengkonfirmasi atau menyangkal bahwa ini adalah tweet pertama kami,” CIA  tweeted untuk debutnya di Twitter.

Dengan cepat dikonfirmasi dalam siaran pers bahwa mereka telah bergabung dalam Twitter dan juga di Facebook. Dalam waktu dua jam setelah itu, mereka menerima sekitar 90.000 retweets dan CIA diikuti oleh 115.000 follower.

Tujuan mereka bergabung denganTwitter dan Facebook adalah untuk membantu lembaga ini “lebih langsung terlibat dengan masyarakat dan memberikan informasi tentang misi CIA, sejarah dan perkembangan lain,” kata direktur CIA John Brennan dalam sebuah pernyataan.

Namun, lembaga tersebut tidak akan memposting rahasia dari mata-mata.

Badan ini sekarang sudah memiliki website publik, dan account di YouTube dan Flickr, sebuah situs photo-sharing online. CIA telah lama mengikuti media sosial, secara diam-diam.

Agen dari Badan Open Source Center memonitor jutaan tweet dan update Facebook setiap harinya dan melacak informasi yang dipublikasikan orang  tentang diri mereka sendiri pada media sosial. Informasi tersebut kemudian akan diterjemahkan dari bahasa asli ke bahasa Inggris dan diperiksa silang dengan sumber informasi lain, untuk referensi CIA.

Arum/Journalist/VM/BL
Editor: Iin Caratri
Image: Facebook