Tim Cook : Adopsi iOS 7 Kami Lebih Baik dari Android KitKat Milik Google

(Business Lounge – Tech & Gadget) Dalam pidatonya di ajang World Wide Developer Conference 2014, CEO Apple yaitu Tim Cook tidak hanya berbicara mengenai pencapaian yang diraih sistem operasi untuk personal computer besutannya yaitu OS X Mavericks dengan menyindir sistem operasi Windows 8 besutan Microsoft tetapi juga menyampaikan beberapa update singkat seputar adopsi sistem operasi iOS 7.

Tapi bukan Tim Cook namanya jika tidak menyindir pesaingnya, pasalnya setelah pertama menyindir Microsoft kini dalam sesi tersebut Tim Cook secara tersurat menyindir sistem operasi Android besutan Google. Bahkan dengan nada bercanda Tim Cook mengatakan bahwa Android menguasai 99 persen pasar malware perangkat mobile. Bahkan Tim Cook juga memaparkan bahwa hampir setengah dari pembeli iPhone di China awalnya adalah pengguna perangkat Android namun akhirnya beralih ke iOS dalam enam bulan terakhir.

Seperti yang dilansir dari halaman The Register, Tim Cook mengatakan bahwa “Mereka ingin mendapatkan pengalaman yang lebih baik,”

Sementara itu pada slide presentasi yang lain, Tim Cook menunjukkan bahwa hampir sembilan dari 10 pengguna telah mengupgrade sistem operasi perangkat mereka ke versi terbaru iOS 7. Hal ini jelas jauh berbeda dari Android, bahkan Tim Cook sampai menunjukkan statistik bahwa hanya satu dari 10 pengguna Android yang menggunakan Android terbaru, KitKat.

Dan CEO Apple ini juga memaparkan bahwa lebih dari sepertiga pengguna masih menjalankan Android versi lawas. Itu artinya menurut Tim Cook mereka tidak bisa mendapatkan keuntungan dari fitur-fitur terbaru, tidak dapat menjalankan aplikasi terbaru, dan tidak mendapatkan update keamanan.

Menurut Tim Cook, berkat update software yang selalu dikontrol Apple, 89 persen dari pengguna iOS sekarang telah meng-update sistem operasi perangkat mobile mereka ke iOS 7.

Dalam sebuah diagram pie pada slide yang ditampilkan, Cook menunjukkan bahwa versi terbaru Android (Android KitKat) hanya memiliki pangsa pasar 9 persen, sementara iOS 7 mencapai 89 persen. Dan ia juga menambahkan bahwa iOS memiliki rating kepuasaan 97 persen, menurut penelitian dari ChangeWave.

 

(Lingga Rizky/journalist/VM/Business Lounge-The Register)
Editor : Fanya Jodie