Kampanye Jokowi Di Papua Disambut Meriah

Pada hari Kamis, 5 Juni 2014, Calon Presiden Joko Widodo atau yang biasa disapa Jokowi berkampanye di Papua. Ia memilih Papua sebagai daerah pertamanya untuk berkampanye. Jokowi tiba di Bandara Sentani, Papua pada pukul 07.30 WIT. Ia pun menjalankan kampanye di Papua dengan mengunjungi Pasar Baru Prahara Sentani di Kabupaten Jayapura, Papua. Ia juga berdialog dengan pedagang di pasar tersebut dan juga memborong ubi di pasar.

Calon Presiden dari PDI Perjuangan, Partai NasDem, PKB, Partai Hanura dan PKPI, Joko Widodo (kanan) menyapa sejumlah pedagang ketika berkunjung ke Pasar Baru Prahara Sentani di Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (5/6).

Kedatangan Jokowi di Pasar Baru Prahara Sentani memang disambut meriah warga. Sambutan meriah tersebut terlihat dari teriakan yel-yel dan aspirasi dari sejumlah warga ketika mereka menyambut kedatangan Calon Presiden Joko Widodo di Pasar Baru Prahara Sentani di Kabupaten Jayapura, Papua sambil membawa tulisan “Joko Widodo, Papua merindukanmu.”

Sejumlah warga meneriakkan yel-yel dan aspirasi mereka ketika menyambut kunjungan Calon Presiden Joko Widodo di Pasar Baru Prahara Sentani di Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (5/6).

Belum berhenti sampai situ saja, kehadiran Jokowi disambut meriah oleh warga Papua dengan iringan kelompok musik Suling Tambur di Papua. Selain itu, antusiasme warga juga terlihat dengan memasangkan topi yang terbuat dari bulu cendrawasih dan kulit rusa ke kepala Jokowi. Topi tersebut biasanya diberikan kepada raja, kepala suku dan tamu kehormatan di Papua.

Dalam kampanye di Papua, Jokowi juga membawa dan memperkenalkan istrinya, Iriana dan kedua anaknya, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangareb kepada masyarakat Papua. Dijelaskan oleh Jokowi, nama istrinya, Iriana berasal dari Irian, karena dahulu kakek istrinya adalah seorang guru di Irian.

Calon Presiden dari PDI Perjuangan, Partai NasDem, PKB, Partai Hanura dan PKPI, Joko Widodo (atas) dengan diiringi kelompok musik Suling Tambur berjalan menuju Balai Pertemuan Adat Kampung Hebeaibulu, Yoka, Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua, Kamis (5/6).

Sambutan warga terus berdatangan. Hal itu terlihat dari antusiasme warga yang menyanyi dan menari menyambut kedatangan Jokowi di Kampung Hebeaibulu Yoka, Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua. Terlihat sejumlah Mama-Mama yang mengenakan kaos Jokowi Jusuf Kalla 2014 bergembira sambil membawa dedaunan menyambut kedatangan Jokowi.

Sejumlah warga bernyanyi dan menari ketika menyambut kedatangan Calon Presiden Joko Widodo di Kampung Hebeaibulu Yoka, Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua, Kamis (5/6).

Di Papua, rencananya Jokowi juga akan mengunjungi Mall Jayapura dan juga Pasar Mama-Mama. Kampanye Jokowi di Papua memang bisa dikatakan berjalan dengan sukses. Papua yang jumlah penduduknya sekitar 3.4 juta itu memang perlu perhatian karena daerah tersebut sangatlah penting bagi Indonesia.

Fanny Sue/VM/BL

Editor : Fanya Jodie

Foto : ANTARA