CEO WhatsApp Sindir iOS 8 Milik Apple

(Business Lounge – Tech & Gadget) Sistem operasi mobile terbaru Apple yaitu iOS 8 memang telah diumumkan kehadirannya oleh CEO Apple Tim Cook di ajang World Wide Developer Conference 2014 di San Francisco dinihari tadi, namun meski menghadirkan beberapa fitur baru tidak membuat sistem operasi terbaru Apple ini bebas sindirian.

Seperti yang dilansir dari Ubergizmo, adalah CEO WhatsApp yaitu Jan Koum yang menyindir fitur baru dari iOS 8 tidak lama setelah CEO Apple turun dari panggung. CEO WhatsApp ini menyindir Apple telah meminjam fitur WhatsApp untuk lebih memperkaya fitur iMessage di iOS 8. Fitur yang dimaksud adalah kemampuan mengirim berkas audio, mengirim lokasi, dan membuat group chat.

Dalam sebuah postingan di akun Twitter resmi mniliknya Jan Koum menulis bahwa “Sangat tersanjung melihat Apple ‘meminjam’ banyak fitur WhatsApp untuk dibenamkan ke iMessage iOS 8 #innovation.”

Namun meskipun Jan Koum menyebut dengan kata halus bahwa Apple meminjam fitur WhatsApp tentu saja kata yang dilontarkan Jan Koum tersebut merupakan sindiran kepada Apple, dimana artinya lebih menjurus ke menjiplak meski sebenarnya fitur tersebut tidak eksklusif milik WhatsApp, karena layanan instant messaging lain seperti Line dan WeChat pun memiliki fitur serupa.

Namun ini bukan kali pertama Apple disindir oleh pengembang aplikasi pihak ketiga. Saat mereka menambahkan fitur baru ke aplikasi Photo di iOS 7, mereka disindir oleh pengembang aplikasi Photoworks, Stephen Orth. Fitur yang diklaim telah dijiplak Apple itu membolehkan pengurutan foto berdasarkan lokasi dan tanggal.

 

(Lingga Rizky/journalist/VM/Business Lounge-Ubergizmo)
Editor : Fanya Jodie