Baidu Union Harapkan Pendapatan Berlipat Ganda

Baidu, operator search engine terbesar di China, mengatakan kemarin bahwa pendapatan dari pencarian online  yang dialokasikan kepada para mitra Baidu Union tahun ini hampir berlipat ganda menjadi 7 miliar yuan (US $ 1,1 miliar) dengan cepatnya pertumbuhan dalam lalu lintas mobile dan sistem iklan yang lebih efisien.

Lalu lintas selular keseluruhan dari mitra ini melonjak 22 kali selama tahun lalu dan mencakup sekitar 15 persen dari total lalu lintas mobile di negara itu, kata Ma Guolin , general manager dari pengembangan bisnis di Baidu Union.

Baidu bekerjasama dengan pemilik situs web kecil untuk menampilkan iklan online para pelanggan pada situs ini, dan berbagi biaya iklan yang dihasilkan oleh iklan tersebut dengan anggota dari  Baidu Union.

Ada lebih dari 700.000 anggota Baidu Union, dan Ma berharap bahwa sebanyak 10 dari mereka akan bisa mendapatkan lebih dari 100 juta yuan pendapatan iklan dari pencarian online pada tahun ini.

Akhir tahun ini, Baidu juga akan menawarkan subsidi keuangan untuk pemilik situs web  kecil dengan memanfaatkan kerjasama jangka panjang dengan anggota Baidu Union.

Baidu juga akan memberikan 1 miliar yuan subsidi tahun ini untuk pengembang aplikasi smartphone untuk membantu mereka dan website kecil menyesuaikan halaman web mereka pada perangkat mobile untuk tampilan yang lebih baik.

Tahun lalu, Baidu membeli pihak ketiga yaitu perusahaan aplikasi distribusi perangkat lunak i91 Wireless dengan harga  US $ 1,9 miliar untuk meningkatkan kehadirannya di sektor internet mobile.

Arum/Journalist/BL/VM
Editor: Iin Caratri
Image: wikimedia