Perjalanan Keliling Dunia Dari Perahu Kano Hokule’a

(Business Lounge – World News) – Ratusan orang berkumpul di Sand Island pada hari Sabtu memberi dukungan untuk keberangkatan perahu kano tradisional Hokule’a yang rencana akan melakukan perjalanan keliling dunia selama 3 tahun.

Mereka mengadakan acara pelepasan kapal dengan berbagai acara baik tari-tarian Hawaian juga berbagai pertunjukan musik, dimana pejalanan ini dianggap sebagai perjalanan keliling dunia dengan semangat pelestarian alam yang istilahnya “Malama Honua” (Peduli pada Bumi).

Perjalananan ambisius ini dipersiapkan dengan matang, bahkan menjelang pemberangkatan terus dilakukan pengecekan baik kelengkapan pasokan bahan-bahan akomodasi maupun peralatan dari perahu kano tersebut. Untuk memberikan keamanan perjalanan maka diatur juga selain perahu utama yaitu Hokule’a juga ada perahu pendamping yaitu Hikianalia.

Semua kru sudah dipilih dan dipersiapkan serta diberikan tugas masing-masing selama perjalanan. Perahu ini dinilai cukup aman, secara tradisional akan mengandalkan navigasi pada susunan bintang, dimana design dari perahu kano ini menggunakan kano ganda yang relatif aman ketika mendapatkan hantaman gelombang besar.

Para tokoh-tokoh masyarakat dan seniman Hawai turut melepas keberangkatan perahu kano Hukule’a dan Hikianalia ini diantaranya penulis lagu Hawai Jackson Bowne, ahli kelautan Sylvia Earle dan juga Jean-Michel Cousteu seorang tokoh eksplorasi samudera, semua mengharapkan team perjalanan Malama Honua ini yang dipimpin oleh Thompson bisa menyelesaikan misi dengan aman dan sukses.

Rencana perjalanan ini agak sedikit terganggu dengan masalah serangga pemakan kayu yang cukup membahayakan yaitu Singapore Ants, namun sudah bisa diatasi dengan pengasapan.

Semangat perjuangan pelestarian alam menyertai keberangkatan perahu kano ini, dimana perjalanan ini merupakan perjuangan para pecinta kelautan, bahwa peduli terhadap bumi harus dimulai, kalau tidak maka tidak akan ada yang peduli.

Arum/Journalist/VM/BL
Editor: Iin Caratri
Image: Antara