How to have an Effective Branding Strategy

Infog-7

How to have an Effective Branding Strategy

(Business Lounge – Marketing) Brand  atau  merek sebuah produk merupakan  identitas dari produk tersebut di pasar/market.  Merek Anda merupakan  janji yang Anda buat  untuk pelanggan  dan Merek  menunjukkan nilai  bisnis dari perusahaan Anda.  Brand Anda merupakan ekspresi dari perusahaan Anda dimana pelanggan akan membeli produk Anda.

Kita akrab dengan nama-nama seperti McDonald, Coca Cola,  Mercedes,  Nike yang merupakan  sebuah merek yang mendunia.  Merupakan impian dari semua pengusaha untuk menjadikan Brand mereka menjadi merek yang mendunia.

Branding memegang peranan yang  penting dalam sebuah bisnis. Dengan strategi branding yang tepat  maka bisnis Anda akan menjadi  lebih dikenal oleh market.  Strategi Branding menurut Gelder (2005), “The brand strategy defines what the brand is supposed to achieve in terms of consumer attitudes and behavior”, dimana strategi merek mendefinisikan apa yang seharusnya dicapai suatu  Brand dalam kaitannya dengan sikap dan perilaku konsumen.

Tujuan dari strategi branding adalah  :
1. Brand Anda dapat menyampaikan pesan dengan jelas
2. Dapat mengkonfirmasi kredibilitas pemilik  brand
3. Dapat menghubungkan dengan target pemasaran yang lebih personal.
4.Memotivasi pembeli  untuk membeli produk Anda
5. Menciptakan loyalitas  pelanggan

Untuk meraih sukses di dalam suatu strategi  branding kita harus  memahami kebutuhan serta keinginan dari pelanggan serta prospek  kita.  Strategi branding menjadi sangat powerfull  jika dilakukan secara konsisten.

Merek / Brand berbicara banyak tentang  sebuah perusahaan.   Demikian juga dengan  brand Anda, itulah yang akan  membangun reputasi  bisnis Anda.  Jika  Anda dapat  membangun loyalitas brand Anda dengan konsumen,  maka Anda dapat berdiri setara dengan merek-merek yang terkenal.  Sebuah strategi merek  dapat membantu Anda dalam meningkatkan ekuitas merek Anda sehingga  pelanggan mau membeli produk Anda karena pelanggan mengenal baik akan produk Anda.

Meningkatkan Ekuitas Brand

Ekuitas  brand / merek tergantung  kepada bagaimana upaya Anda dalam membangun merek (bran-building effort). Dan nilai ekuitas ini akan berubah-ubah naik atau turun tergantung pada upaya yang Anda dilakukan.  Karena ekuitas merek yang tinggi tidak terjadi dengan sendirinya, melainkan dapat ditingkatkan dengan cara-cara tertentu.  Cara untuk meningkatkan ekuitas merek dapat dilakukan dengan memilih nama atau logo identitas merek yang baik, tepat dan smart.  Juga  melalui program pemasaran dan komunikasi pemasaran. Usaha komunikasi pemasaran yang efektif dan konsisten sangat dibutuhkan untuk membangun dan mempertahankan ekuitas merek.

Merek sebuah produk yang memilik ekuitas yang tinggi adalah produk yang memiliki kualitas tinggi dan mempromosikan produknya  dengan baik. Semakin tinggi ekuitas merek Anda, maka akan semakin tinggi pula value yang akan diberikan merek tersebut kepada konsumen. Jika  ekuitas merek dari perusahaan Anda meningkat, maka hal ini akan  menumbuhkan loyalitas konsumen pada produk / merek Anda.

Strategi Branding Yang Efektif

Sebuah strategi branding  yang efektif merupakan  janji dari perusahaan  Anda. Karena itu  penting untuk Anda menjaga  kualitas produk  selalu baik.

Kualitas layanan yang baik yang Anda berikan kepada pelanggan akan memberikan kepuasan bagi pelanggan Anda.  Dan jika pelanggan Anda senang maka mereka akan terus memilih produk Anda.  Untuk menerapkan strategi merek yang efektif maka Anda harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut  : dimana brand Anda harus berbeda dari brand-brand yang lain dan Anda harus  menemukan  pasar  yang berbeda.  Buatlah pelanggan Anda menghargai dan menyukai produk Anda. Dan membuat Merek atau  brand Anda  ada di dalam hati  dan pikiran pelanggan.   Sehingga pelanggan yang menyukai produk Anda akan mempromosikan produk Anda dari  mulut ke mulut atau word of mouth.   Hal ini akan menghemat jutaan rupiah yang  Anda keluarkan untuk kampanye iklan.

Demikianlah strategi dari sebuah brand yang efektif  memberikan sebuah sebuah impact  yang powerfull. Dan hal ini akan membuat bisnis Anda menarik,  dan disukai oleh pelanggan Anda, sehingga Anda akan menarik keuntungan yang besar dari bisnis Anda.

Debbie Kusuma : Praktisi Marketing dan Kontributor Folder Marketing di Businesslounge
Editor:  Iin Caratri