How to Become a Leader who Has the Character

Infog-5

How to Become a Leader who Has the Character

Begitu banyak  orang menginginkan posisi diatas, sedangkan pemimpin yang ada belum tentu memiliki kriteria sebagai seorang pemimpin. Setiap pemimpin pastilah memiliki cara memimpin dan gayanya sendiri-sendiri. Bagaimana kita dapat membedakan pemimpin satu dengan pemimpin lain kita harus memiliki ciri khas yaitu karakter yang kuat. Bicara soal karakter, setiap orang memiliki karakter yang berbeda satu dengan yang lain. Oleh sebab itu kesuksesan seorang pemimpin sangat ditentukan oleh karakter si pemimpin.  Character is the foundation for leader’s all true success.

Apa itu karakter kepemimpinan ? Suatu kualitas dari seorang pemimpin yang terbentuk melalui tindakan yang menyangkut kepada nilai-nilai moralitas dan etika yang ada. Karena karakter seorang pemimpin tidak dapat terbentuk dari ucapan saja, melainkan tindakan, ucapan, pikiran yang membentuk siapa sih pemimpin yang sesungguhnya. Selain itu yang tidak kalah pentingnya karakter kepemimpinan adalah konsistensi.

Lawrence Pervin, seorang psikolog mendefinisikan karakter sebagai “ A disposition to exsprees behavior in consistent patterns of functions across a range of situations”. Karekter di cerminkan oleh perilaku dan tindakan yang konsisten yang dilakukan seseorang tak peduli seperti apa yang dihadapi. Dalam situasi yang baik maupun buruk seorang pemimpin berkarakter harus bisa mempraktekkan nilai-nilai yang di yakini.

Pemimpin yang berkarakter harus mempunyai identitas yang kuat, jadi setiap pikiran, ucapan, dan tindakan yang konsisten akan menentukan polanya dalam kurun waktu yang panjang. Karena tidak ada kesuksesan yang terjadi dalam semalam atau istilah yang instan. Kita harus tahu bahwa orang yang paling sulit di pimpin adalah diri sendiri. Kalau seorang pemimpin bisa konsisten, memiliki disiplin yang kuat, dan apa yang dilakukan itu sesuai dengan apa yang di ucapkan dan dipikirkan maka orang tersebut telah berhasil memimpin dirinya sendiri, kalau kita sudah dapat memimpin diri kita sendiri maka kita dapat memimpin dan mempengaruhi orang lain tentunya yang bersifat positif, dan memiliki pengikut.

Ketika seorang pemimpin sudah tidak memiliki fokus dan visi yang kuat,serta hasrat dan energinya berkurang maka hal yang buruk akan terjadi didalam diri seorang pemimpin dan organisasi yang dipimpin. Oleh sebab itu pemimpin yang memiliki karakter haruslah pemimpin yang dapat mengembangkan karakter yang baik didalam dirinya. Karena pemimpin yang sombong tidak akan bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

Sekarang bagaimana caranya kita dapat mempertahankan posisi kita yang selalu diatas dan menjadi pemimpin yang memiliki karakter yang kuat  :
1.       Konsisten
2.       Rendah hati
3.       Pendengar yang baik
4.       Memiliki hasrat yang kuat
5.       Memiliki Visi yang jelas
6.       Kejujuran
7.       Memiliki kemampuan berkomunikasi, semangat “team work”, dan lain sebagainya.
Karena pemimpin berkarakter adalah orang yang dapat diandalkan didalam posisinya dimanapun  pemimpin itu berada.

Marilah terus belajar dan mengembangkan karakter yang baik, supaya semakin hari kita semakin menjadi pemimpin yang dapat memberikan dampak /pengaruh kepada orang lain, bangsa, dan Negara, karena kita memiliki karakter yang kuat.
Salam Sukses!!!

Ovita/Kontributor folder Leadership dari Business Lounge
Editor: Iin Caratri