Yingluck Shinawatra Diturunkan Dari Jabatan Perdana Menteri Thailand

(Business Lounge – World News) – Pada hari Rabu, akhirnya Mahkamah Konstitusi Thailand memerintahkan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra untuk turun dari jabatannya karena terbukti bersalah atas penyalahgunaan kekuasaan ketika melakukan demosi terhadap Tawin Pleansri pada tahun 2011.

Berdasarkan putusan hakim, dinyatakan tindakan Yingluck Shinawatra adalah tidak jujur dan berdasarkan konflik kepentingan, karena pengalihan Tawin Pleansri ini dimaksudkan untuk membuka jalan bagi kakak iparnya untuk dipromosikan sebagai kepala polisi nasional di Thailand.

Menurut hakim, Yingluck Shinawatra menyalahgunakan haknya sebagai Perdana Menteri untuk menguntungkan dirinya sendiri dan orang-orang terdekatnya. Hal tersebut melanggar konstitusi dan mengakibatkan Yingluck Shinawatra diberhentikan dari statusnya sebagai Perdana Menteri.

Wakil Perdana Menteri Phongthep Thepkanjana menyatakan bahwa kabinet telah setuju untuk menunjuk Niwattumrong Boonsongpaisan untuk mengemban jabatan Perdana Menteri menggantikan jabatan Yingluck Shinawatra.

Fanny Sue/VM/BL

Editor : Fanya Jodie

Foto : ANTARA