Mantan CEO Apple Memang Sudah Lama Membenci Android

(Business Lounge – Tech & Gadget) Perseteruan antara Samsung dan Apple hingga saat ini memang sedang panas-panasnya, bahkan dalam persidangan antara Samsung dan Apple, raksasa teknologi Google yang merupakan penciptas sistem operasi Android sampai harus terlibat dalam pertikaian dua raksasa produsen smartphone ini.

Google menjadi terlibat karena Samsung dituduh telah melanggar lima paten Apple terkait beberapa fungsi smartphone, seperti fitur slide to unlock, koreksi huruf keyboard, informasi kontak, universal search dan background syncing data. Kelimanya diyakini sebagai fitur bawaan Android ciptaan Google.

Namun jika melihat ke belakang, kebencian Apple terhadap sistem operasi Android besutan Google ini memang telah lama timbul bahkan sebelum sistem operasi bersifat open source itu diadopsi oleh Samsung.

Seperti yang dilansir dari Mashable, sebuah fakta yang diungkapkan dalam buku berjudul Dogfight: How Apple And Google Went To War and Started a Revolution karangan Fred Vogelsteins, disebutkan bahwa salah satu pendiri Apple yang juga mantan CEO Apple yaitu Steve Jobs memang telah lama berseteru dengan pendiri Android, Andy Rubin.

Perseteruan Steve Jobs dan Rubin dimulai sejak tahun 2007 lalu ketika Apple merilis iPhone generasi pertama. Saat itu berhembus kabar bahwa Android yang telah diakusisi Google pada 2005 juga sudah menciptakan sistem operasi mobile, namun hasilnya kurang memuaskan.

Ethan Beard yang menjabat sebagai salah satu petinggi Android saat itu mengatakan, “kami tahu Apple akan merilis ponsel. Semua orang tahu. Tapi tidak ada yang berpikir akan sebagus itu. Apa yang kami punya saat itu terlihat begitu tertinggal, seperti era 90-an.”

Dengan alasan itu, Google dirumorkan mengambil keputusan untuk membatalkan peluncuran sistem operasi Android mereka. Baru lah selang setahun kemudian sistem operasi Android muncul di pasaran diadopsi oleh ponsel HTC G1, smartphone Android pertama.

Kemunculan HTC G1 membuat Steve Jobs murka dan pada sebuah wawancara dengan sejumlah media saat itu ia mengatakan, “semua yang ada pada Android mencontek apa yang telah kami lakukan.”

Sejak saat itu, persaingan antara Apple dan Google di ranah sistem operasi mobile terus berlangsung. Terlebih, pertarungan antara keduanya sejak 2011 lalu turut diramaikan oleh Samsung yang juga menjelma menjadi musuh besar Apple di pasar perangkat mobile.

(Lingga Rizky/journalist/VM/Business Lounge-Mashable)

Editor : Fanya Jodie