(Business Lounge – Business Today) – Perusahaan raksasa teknologi Apple Inc berencana untuk melakukan buy back saham mereka dari para shareholders dan berencana untuk meningkatkan dividen triwulan mereka. Perusahaan tersebut mecatatkan profit sebesar 10,2 milyar dolar Amerika Serikat sepanjang tiga bulan periode yang berakhir di tanggal 29 Maret.

Apple berencana untuk membeli 30 milyar dolar Amerika Serikat saham tambahan dari para shareholeders perusahaan tersebut. Mereka juga berencana untuk meningkatkan dividen triwulan mereka sebesar 8%. Kenaikan tersebut menjadikan dividen Apple menjadi 3,29 dolar Amerika Serikat per saham.

Saham perusahaan yang selama ini selalu berada dikisaran harga 500 sampai 550 dolar Amerika Serikat. Semenjak awal permulaan tahun ini saham Apple mengalami lonjakan sekitar 7% menjadi 561,51 dolar Amerika Serikat.

Penjualan iphone dilaporkan sebesar 43,7 juta dola Amerika Serikat pada kuartal pertama tahun ini yang berakhir pada akhir Maret. Hasil tersebut jauh dari perkiraan yang diprediksi oleh Wall Street sebesar 45,6 milyar dolar Amerika Serikat.

Untuk kedepannya masih banyak investor yang meragukan apakah Apple masih dapat melakukan revolusi produk baru di pasar. Persaingan di industri smartphone akan semakin ketat sebab pasar smartphone yang semakin matang serta para pesaing Apple seperti Samsung Electronics Co Ltd dan Google Inc semakin mengejar ketertinggalan mereka di pasar tersebut dari Apple.

Afif Bahar/Analyst Vibiz Research/VM/BL-rtr,bbc
Editor: Iin Caratri
Image: wikipedia-org

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.