Ruang Hijau Taman Menteng

(Business Lounge – Travel) – Sebuah kota yang sehat adalah kota yang memperhatikan keseimbangan antara aktivitas dan kelestarian lingkungannya. Aktivitas kota yang sibuk dan padat menuntut keberadaan sebuah ruang publik yang dapat digunakan warganya untuk kembali menyelaraskan diri dengan lingkungan. Terlebih tingginya tingkat polusi udara di perkotaan yang membuat keberadaan ruang hijau semakin penting bagi warga juga lingkungan kota itu sendiri.

menteng 1

menteng 4

Di beberapa kota besar dunia, diketahui memiliki taman-taman kota yang bahkan dikenal secara internasional. Sebut saja New York dengan Central Park-nya yang sudah seringkali dijadikan lokasi pembuat film maupun serial televisi di Amerika Serikat. Taman kota dengan luas 3,41 kilometer persegi ini, tercatat sebagai taman yang paling banyak dikunjungi di Amerika Serikat. Keberadaan taman kota sangat penting untuk kota seperti Jakarta. Selain berfungsi untuk mempercantik kota, taman kota bermanfaat sebagai kawasan hijau yang dapat menyerap karbon dioksida (CO2) yang banyak dihasilkan oleh kendaraan bermotor yang jumlahnya makin meningkat tiap tahunnya.

menteng 3

menteng 2

Kota Jakarta telah memiliki sejumlah taman kota, salah satunya adalah Taman Menteng. Taman yang diresmikan Pemprov DKI Jakarta pada 28 April 2007 lalu ini selain untuk menambah ruang terbuka hijau (RTH) di Jakarta, juga ditujukan sebagai sarana publik yang bisa sedikit “menyegarkan” warga juga lingkungan Jakarta itu sendiri. Menteng telah ada sejak tahun 1920an, bernama Voetbalbond Indiesche Omstreken atau V.I.O.S Veld, berlokasi di Jl. HOS. Cokroaminoto 87 Menteng, Jakarta Pusat. Sejak tahun 1921, lahan seluas 3,4 hektar tersebut sudah digunakan sebagai tempat berolahraga orang-orang Belanda. Tahun 1961 Persija dirasa perlu memiliki sebuah lapangan. Surat Keputusan Gubernur Jakarta Tahun 1975 menetapkan stadion ini sebagai salah satu kawasan cagar budaya yang harus dilindungi. Pada tahun yang sama lapangan tersebut berubah nama menjadi Stadion Persija atau akrab disebut Stadion Menteng. Pada tanggal 28 April 2007, taman ini diresmikan sebagai taman publik yang memiliki fasilitas olahraga, 44 sumur resapan, dan lahan parkir. Hingga saat ini kawasan ini berfungsi juga sebagai ruang terbuka publik bagi masyarakat Menteng. Bagi anda warga Jakarta, berlibur menghabiskan waktu dengan keluarga tak harus menempuh perjalanan jauh. Taman Menteng menjadi pilihan wisata yang menarik.

Sonang Elyas/Journalist/VM/BL
Editor: Iin Caratri
Foto : Sonang Elyas