Wi-Fi Gratis Ada di Angkutan Umum Kenya

(Business Lounge – World News) – Saat anda ingin naik sebuah angkutan umum, tentunya anda akan lebih memilih bus yang mempunyai fasilitas Wi-Fi gratis, dari pada yang tidak. Itulah yang terjadi di Kenya, bus yang mempunyai Wi-Fi gratis, lebih cepat terisi oleh penumpang.

Matatu adalah angkutan umum yang dikenal dalam bahasa Swahili, yang merupakan salah satu percobaan Safaricom Ltd untuk menyambungkan masyarakat dengan Internet.

Seperti ada salah satu penumpang yang naik ke bus ini lalu menulis status pada akun Facebook. Kegiatan berselancar di Internet menemaninya dalam perjalanan pulang melewati jalanan Nairobi yang macet.

Perusahaan teknologi kelas dunia sedang berusaha menarik miliaran penduduk yang hidup tepat di bawah kelas menengah, termasuk yang ada di Afrika. Sangat sedikit warga Afrika yang terhubung dengan Internet yaitu hanya 16%, menurut informasi International Telecommunication Union. Dibandingkan Asia (32%) dan negara-negara Arab (38%), angka itu sangat kecil.

Afrika merupakan kawasan yang mencatatkan pertumbuhan paling pesat dalam urusan penggunaan Internet lewat telepon.

Sekitar separuh dari 40,7 juta penduduk mempunyai akses terhadap Internet, menurut pemerintah. Tapi fasilitas Wi-Fi di Kenya ini berkutat di kawasan mewah seperti rumah makan mahal atau bandar udara.

Yang menjadi incaran Safaricom biasanya seperti pekerja rumah tangga, yang ingin agar mereka bisa mengakses Internet melalui program Vuma Online.

Perusahaan Kenya berharap Wi-Fi dapat mempertemukan pemula dan pencinta teknologi sehingga membuat lebih banyak orang memakai jasa berbayar yang diberikan perusahaan. Safaricom mengatakan ikhlas menerima kerugian pada periode awal ini.

Program perusahaan tersebut sudah mendapatkan 3.000 matatu dan bus di seluruh negeri dari hanya 20 unit saja pada 2012.

 

Rut Sinta/VM/BL

Editor : Fanya Jodie

Foto : Wikipedia