Perancis Rombak dan Umumkan Kabinet Baru

(Business Lounge – World News) – Susunan kabinet baru Perancis telah diumumkan hari Rabu kemarin. Dengan dikalahkannya Partai Sosialis dalam pemilu, maka posisi Perdana Menteri Jean Marc Ayrault digantikan oleh Manuel Valls, politisi yang tadinya adalah menteri dalam negeri.

Dalam susunan kabinet baru ini masuk di dalamnya Segolene Royal, salah satu tokoh partai Sosialis yang dulunya adalah bekas pasangan dari Presiden Francois Hollande. Selain itu orang baru yang masuk dalam kabinet ini adalah Francois Rebsamen.  Jumlah menteri yang tergabung dalam kabinet baru ini adalah 16 orang, dimana lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah kabinet sebelumnya yang terdiri dari 38 orang.

Kekalahan besar yang dialami partai Sosialis terjadi karena banyak pemilih Perancis yang merasa kurang puas dengan kinerja dari Presiden Francois Hollande selama masa dua tahun pemerintahannya.

Terlihat dalam jajak pendapat pendukung dari Partai Sosialis semakin menurun. Terlihat juga bagaimana tingkat pengangguran di Perancis saat ini sudah mencapai 10,2 persen. Dengan semakin menurunnya pendukung dari Partai Sosialis, maka beberapa partai seperti partai konservatif UMP dan partai ultra kanan Front National semakin diuntungkan posisinya.

Dalam pemilu komunal yang sudah berlangsung ini, ada 155 kursi walikota yang berhasil direbut UMP, sementara mayoritas 11 kota direbut  partai ultra kanan Front National (FN). Reaksi dari  Presiden Francois Hollande dengan susunan kabinet baru ini  adalah dia menjanjikan pemerintahan yang  “tegas, terpadu dan bersatu”.

Arum/Journalist/VM/BL
Editor: Iin Caratri
Image: wikimedia.org