Penjualan Mobil di AS Pulih Lagi Dari Tekanan Cuaca Buruk

(Business Lounge – Business Today)  Penjualan mobil di AS mengalami kenaikan pada bulan Maret, setelah melemah di dua bulan sebelumnya akibat masalah cuaca musim dingin yang parah. Salah satunya Ford, produsen mobil terbesar kedua di AS ini mengatakan total penjualan mereka naik 3 persen menjadi 244.167 mobil di bulan Maret dari tahun lalu.

Kenaikan ini terjadi setelah Ford mengalami penurunan penjualan sebesar 6 persen pada bulan Februari karena tertundanya pengiriman kendaraan dari pabrik kepada pelanggan akibat cuaca buruk.

Di samping Ford, Chrysler, yang saat ini dimiliki oleh Fiat, membukukan kenaikan penjualan sebesar 13 persen menjadi 193.915 mobil pada bulan Maret secara year on year.

Fiat Chrysler AS sedang mulai memasuki musim penjualan yang lebih tinggi, merek mobil Jeep dan Fiat berhasil mencatat bulan penjualan terbaik di bulan sebelumnya.

Penjualan merek Fiat melompat 24 persen pada bulan Maret, itu adalah raihan penjualan bulanan terbaik sejak produsen mobil Italia itu kembali ke pasar AS pada tahun 2011.

Berbeda dengan perusahaan di atas, General Motors (GM), produsen mobil terbesar di AS mengatakan harus menunda laporan penjualan di bulan Maret akibat adanya masalah sistem komputer.

Masalah ini disebutkan muncul sesaat sebelum CEO GM, Mary Barra akan melakukan rapat dengar pendapat dengan Kongres AS yang ingin mencari tahu alasan GM memilih mengabaikan masalah saklar pengapian yang rusak selama 10 tahun meskipun sudah ada banyak laporan kecelakaan dan kematian.

Sementara produsen mobil asal Jepang, Toyota berhasil mencatat kenaikan penjualan hingga 8,9 persen menjadi 215.348 unit di bulan Maret. Toyota mengatakan bahwa mereka telah menutup bulan Maret dengan raihan penjualan yang baik meskipun harus menghadapi musim dingin yang luar biasa keras di dua bulan sebelumnya.

Pesaing dalam negeri Toyota, Nissan mengatakan penjualan mereka di AS melonjak 8,3 persen menjadi 149.136 kendaraan. Sedangkan Volkswagen melaporkan kenaikan penjualan di bulan Maret sebesar 6,3 persen menjadi 36.717 unit.

Joel/Journalist/VM/BL-japantoday
Editor : Jul Allens
image : www.fiatusa.com