Pep Guardiola, Bawa Bayern Muchen Pecahkan Rekor

Saat ini klub Bayern Munchen dikatakan sebagai sebagai tim yang paling sukses. Hampir semua gelar telah  dimenangkan oleh klub asuhan Pep Guardiola ini.  Berbagai gelar seperti Juara Bundesliga, Piala Jerman, Liga Champion, Piala Super UEFA, dan yang terakhir adalah  Piala Dunia antarklub FIFA.

Tonggak kepelatihan selama musim pertandingan tahun 2013 dan 2014 dipegang oleh Pep Guardiola. Kesuksesan masih terus akan berlangsung,  Bayern kembali memecahkan rekor demi rekor.  Di Bundesliga, mereka menang terus dalam 41 pertandingan. Jumlah ini  lebih banyak dari rekor yang dicapai Hamburg sebelumnya. Ini bisa menjadi rekor abadi. Kekalahan yang terakhir dialami oleh Bayern München adalah pada tanggal 28 Oktober 2012 ketika kalah dari Bayer Leverkusen.

Semua performancenya membuat  tidak ada yang bisa mengatakan, bahwa masih ada klub lain di liga yang mampu mengalahkan Bayern untuk meraih gelar juara Bundesliga musim ini. Tidak hanya kemenangan  di Bundesliga tetapi  terus berlanjut di ajang Liga Champions. Dengan kemenangan 10 kali berturut-turut, Bayern München berhasil  mengalahkan rekor Barcelona,

Bayern kembali memperoleh pada  tahun 2013 yaitu Piala Super UEFA. Dalam pertandingan ini kembali bertemu dua pelatih yang dianggap sebagai dua rival yang abadi : Pep Guardiola dan Jose Mourinho.  Bayern memenangkan dengan angka 7:6  yang diperoleh dari adu penalti mengalahkan pemenang Piala Liga Eropa FC Chelsea.

Gelar terbaru sebagai juara Piala Dunia Antarklub FIFA dianggap sebagai dimulainya era dari dominasi klub FC Bayern München. Dunia sepak bola memberikan banyak pujian pada klub ini. Bahkan harian   ‘Gazella dello Sport’ dari Italia mengatakan “Tidak mungkin mereka gagal membawa pulang Piala Dunia”.

Dari 56 pertandingan dimana mereka bermain selama tahun 2013, Bayern sudah mencatat 50 kali kemenangan dan juga memperoleh lima gelar.  Tidak terhitung juga berbagai kemenangan pada berbagai pertandingan uji coba. Tahun 2013  adalah tahun yang penuh keberhasilan bagi klub FC Bayern München.

Arum/Journalist/VM/BL
Editor: Iin Caratri
Image: Wikimedia