Di Australia Uang Kertas Berusia 2 Abad Dilelang 3,5 Miliar

(Business Lounge – World News)  Dari negeri kangguru Australia dilaporkan perpustakaan negara yang berlokasi di Sidney berhasil menjual uang kertas paling tua  di Australia yang berumur 197 tahun. Uang kertas senilai 10-shilling yang diterbitkan pada tanggal 8 April 1817 oleh Bank New South Wales tersebut berhasil terjual dengan nilai AUD$334.000 atau lebih dari  Rp.3.5 miliar.

Catatan bank berupa uang kertas senilai 10 shiling itu merupakan barang berharga bagi sejarah Australia, dan hanya ada 100 lembar catatan uang senilai 10-shilling yang diterbitkan saat itu.  Uang tersebut ditemukan dari koleksi pribadi di Skotlandia 9 tahun lalu.

Dan sebelumnya uang ini juga pernah dijual  senilai AUD$283,095 atau hampir 3 miliar rupiah pada tahun 2005.  Dengan harga yang mengalami kenaikan tersebut menunjukkan harga uang kertas ini sangat bersaing di pasaran. Sayang kondisi ekonomi sedang irit2nya sehingga hanya bisa dijual sejumlah tersebut, karena jika ekonomi bagus harga uang tersebut bisa lebih mahal.

Sebagai informasi uang kertas tersebut merupakan benda yang sangat unik dan bukan benda museum atau milik perpustakaan yang mengadakan lelang tersebut dan juga bukan diterbitkan oleh Westpac Bank.

Jika dilihat asal usul uang tersebut, uang kertas tersebut dibuat oleh Bank NSW yang terbentuk dibawah pimpinan  Lachlan Macquarie yang ingin mangganti mata uang penjajah.

Ketika itu, warga koloni mengandalkan perniagaan dengan cara barter atau campuran mata uang dari Inggris dan kapal-kapal yang datang dari negara-negara lain.

 
Joel/Journalist/VM/BL-abc
Editor: Jul Allens
Pic: radioaustralia