Rambah Bisnis Wearable, Intel Berhasil Akuisisi Basis Science

(Business Lounge – Business Today)  Perusahaan pembuat chip AS,  Intel Corporation telah meningkatkan investasinya  dalam teknologi wearable setelah berhasil mengakuisisi  Basis Science, sebuah perusahaan yang dikenal sebagai produsen smartwatch yang mengembangkan tracker band paling canggih didunia.

Akuisisi ini tidak memindahkan produk Basis Science yang bisa  mendeteksi denyut jantung dan kalori tubuh sipemakainya ini kepada Intel. Namun tim dari Basis akan bekerjasama dengan Intel New Devices Group untuk  fokus pada teknologi wearable yang baru dan juga perangkat kesehatan yang terkoneksi.

Dengan menggandeng Basis Science, Intel juga berencana menjual platform chipset untuk wearable. Tujuannya untuk mampu melangkahi pesaingnya  seperti Qualcomm, Texas Instruments dan STMicroelectronics yang secara kolektif memperoleh keuntungan dari teknologi wearable ini.

Untuk menguasai  perusahaan asal San Fransisco ini Intel  harus mengeluarkan dana  senilai 100 hingga 150 juta USD dalam sebuah proses lelang. Basis Science yang merupakan pemimpin dalam health tracking untuk wearable device kini menjadi perusahaan produsen smartwatch yang diincar oleh perusahaan teknologi global.  Selain Intel yang tertarik menguasai bisnis ini adalah Google dan Apple yang  sempat diberitakan ingin membelinya.

Sebagai informasi Basis Scince sendiri telah memiliki perangkat wearable yang telah ramai  di pasaran dimana perangkat tersebut memiliki sensor untuk mencatat dan memonitor detak jantung, gerakan, pembakaran kalori, pola tidur, dan perubahan suhu kulit sipemakainya.

Joel/Journalist/VM/BL-bbc,techcrunch,mybasis

Editor: Jul Allens

pic: taringa.net, intel