Ekspansi Ke Bisnis Video Online, Walt Disney Segera Akuisisi Maker Studios

(Business Lounge – Business Today) – The Walt Disney Co berusaha mengembangkan lini bisnisnya dengan setuju untuk membeli Maker Studios, yakni salah satu perusahaan dari jaringan terbesar YouTube di bidang video online. Untuk merealisasikan hal tersebut, Walt Disney akan menggelontorkan  dana sebesar $ 500 juta.

Nantinya akan ada kesepakatan yang membuat Disney sebagai distributor video online utama dan akan membantu menarik lebih banyak remaja masuk dalam kerajaan Disney. Bahkan label harga tersebut bisa naik menjadi $ 950 juta, jika Maker Studios dapat mencapai  target kinerja tertentu.

Maker Studios yang didirikan pada tahun 2009 , merupakan salah satu jaringan produksi video terbesar di Google Inc yakni  YouTube. Dalam kinerjanya perusahaan menargetkan segmen pasar di kalangan generasi anak muda yang dikenal memilikui antusias tinggi terhadap video berbasis online.

Dengan begitu, dengan kehadiran Disney dalam dunia online dapat menjangkau lebih banyak kelompok generasi muda yang untuk mendapatkan video online.  Dan hal itu memberi perusahaan  banyak data untuk membantu mempromosikan bisnis Disney  yang lain kepada masyarakat .

Maker Studios membantu memproduksi dan mendistribusikan video ke lebih dari 380 juta pelanggan di seluruh dunia melalui lebih dari 55.000 saluran. Video-video ini secara kolektif mengumpulkan beberapa 5,5 miliar pengunjung setiap bulannya. “Video-video online berdurasi pendek saat ini tumbuh pada kecepatan yang mengagumkan dan bersama Maker Studios, Disney kini akan menjadi pusat industri yang dinamis ini. ” ungkap CEO Disney Bob Iger dalam sebuah kesempatan.

Regi Fachriansyah /Analyst Vibiz Research/VM/BL
Editor: Iin Caratri
Foto: wikimedia.org