(Business Lounge – Business Today)  Sebuah kelompok keamanan mobil AS, Center for Auto Safety mengatakan bahwa 303 ​​orang yang tewas dalam kecelakaan mobil selama tahun terakhir disebabkan gagal berfungsinya sistem airbag pada mobil milik General Motors (GM).

Menurut organisasi itu, jumlah korban tewas masih bertambah dengan 12 kematian lain yang disebabkan kecacatan sistem pengapian dari beberapa model mobil yang diproduksi antara tahun 2003 hingga 2007.

Terkait dengan tuduhan ini, GM mengatakan hal itu murni disebabkan karena adanya kerusakan sistem keamanan mobil. General Motors bulan lalu telah me-recall 1,6 juta mobil Chevrolet dari model Pontiac dan Saturn di seluruh dunia akibat masalah saklar pengapian.

Akibat recall itu, hampir semua produksi model itu dihentikan, namun dari laporan yang diberikan GM kepada US Highway Traffic Safety Administration, terungkap bahwa GM sudah tahu keberadaan masalah saklar pengapian pada mobil yang diproduksi pada awal tahun 2001 sejak tahap pra-produksi, namun GM justru mendiamkan masalah ini sampai bulan lalu ketika mereka me-recall 1,6 juta kendaraan di Amerika Utara.

Center for Auto Safety mengkritik US Highway Traffic Safety Administration karena tidak bertindak cepat untuk meminta GM melakukan recall.
Namun, GM mengatakan telah menyewa penyelidik eksternal untuk mencari tahu penanganan masalah saklar pengapian mobilnya, sementara anggota parlemen AS dan jaksa federal di New York telah memulai penyelidikan mereka sendiri.

Untuk menutupi biaya recall dan perbaikan tersebut, GM akan mengeluarkan biaya sebanyak USD 300 juta di kuartal pertama tahun ini . Recall akibat masalah pengapian adalah krisis besar pertama yang harus dihadapi.

Joel/Journalist /VM/BL-bbc,wsj

Editor: Jul Allens

Pic : www.appiny.com

http://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&docid=BQq8WSkZXTfMfM&tbnid=bOtSXiQdJUI-6M:&ved=0CAUQjB0&url=http%3A%2F%2Fwww.appiny.com%2Fru%2Fandroid%2Fchevrolet-camaro-lwp-hd-android&ei=Gm0pU-XhJ4TeigeqkoCoBg&bvm=bv.62922401,d.aGc&psig=AFQjCNF5h68kgkiervRmFk09O3SJAs8VWQ&ust=1395310197134733

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.