Menteri Keuangan Canada Jim Flaherty Mengundurkan Diri

(Business Lounge – World News) Menteri Keuangan Canada, Jim Flaherty, resmi mengumumkan pengunduran dirinya. Flaherti mengatakan, setelah mundur ia akan kembali menjadi pengusaha di sektor swasta negara tersebut.

Flaherty sudah memegang jabatan Menteri Keuangan selama delapan tahun. Menurutnya, keputusan pengunduran diri ini diambil bukan karena alasan kesehatannya, di mana ia telah dirawat karena penyakit kulit yang langka pada tahun lalu.

Seperti yang dilansir BBC, Flaherty meninggalkan jabatannya dengan hasil kinerja yang relatif baik menjelang pemilu yang direncanakan diadakan pada tahun depan bagi pemerintah Konservatif Perdana Menteri Stephen Harper.

“Keputusan ini dibuat karena ini adalah saat yang tepat bagi saya untuk berkumpul dengan keluarga saya. Saya bangga dengan semua pekerjaan yang saya lakukan,” kata Flaherty.

Sebelumnya, dalam beberapa bulan terakhir memang sudah ada spekulasi yangmenyebutkan kalau Flaherty akan mundur dari jabatannya.

Terkait dengan pengganti Flaherty, Perdana Menteri Stephen Harper diperkirakan akan mengumumkan pengganti Flaherty pada pada ini.

“Sejak tahun 2006, ia telah membuat fondasi yang kuat di perekonomian Canada, ia sangat cakap dalam membimbing Kanada melalui masa ekonomi yang paling menantang sejak depresi besar dan Kanada berhasil memperoleh reputasi sebagai negara dengan pengelolaan ekonomi global yang kuat,” kata Harper.

Joel/Journalist /VM/BL-bbc,wsj

Editor: Jul Allens

Pic : thestar