Sistem Berubah, Penunggak Pajak di Inggris Meningkat

(Business Lounge – World News) Sebuah badan amal StepChange yang menangani utang besar telah melaporkan adanya peningkatan jumlah orang yang mencari bantuan pembayaran tunggakan pajak pemerintah di Inggris dalam jumlah besar.

StepChange mengatakan, telah terjadi kenaikan rumah tangga yang membutuhkan bantuan pajak pemerintah sebanyak 77 persen selama setahun terakhir. Salah satu penyebab kenaikan itu adalah adanya perubahan manfaat pajak pemerintah karena sistem iyu diperkenalkan sebagai bagian dari reformasi kesejahteraan pemerintah.

Pemerintah Inggris mengatakan, pendapatan manfaat pembayar pajak pemerintah per tahun adalah GBP 4 miliar.

Pada tahun 2012, StepChange mengatakan telah membantu 25.500 orang yang mengalami tunjakan pajak pemerintah, tapi pada tahun 2013 jumlah itu meningkat menjadi 45.561 orang. Menurut StepChange, rata-rata tunggakan pajak pemerintah yang ditunggak sebesar GBP 102.

“Pendapatan yang stagnan, perubahan pola kerja, meningkatnya biaya hidup, dan perubahan tunjangan kesejahteraan adalah sebuah kombinasi yang sangat ‘beracun’,” kata CEO StepChange, Mike O’Connor .

Pada April 2013, pemerintah Inggris sudah menyerahkan tanggung jawab atas manfaat pajak dari Whitehall ke 326 pemerintah daerah di Inggris. Pada saat yang sama, pemerintah juga memotong anggaran sebesar 10 persen, atau GBP 414 juta. Karena itulah, pemerintah daerah harus menyiapkan skema dukungan melalui pajak mereka sendiri.

“Para pensiunan dilindungi dari pembayaran pajak pemerintah, namun sekitar 2,5 juta orang usia kerja harus membayar pajak itu,” ujar Institute for Fiscal Studies (IFS).

Pada bulan Januari 2014, IFS memperkirakan bahwa rata-rata rumah tangga di Inggris harus menemukan tambahan pembayaran pajak pemerintah senilai GBP 160 setiap tahun akibat dari perubahan itu.

IFS juga melaporkan bahwa empat dari lima otoritas lokal Inggris telah mengurangi dukungan pajak pemerintah kepada penduduk lokal. Namun pemerintah tidak memberikan bantuan transisi senilai GBP 100 juta kepada pemerintah daerah di tahun ini hingga Maret 2014 dalam rangka mengurangi masalah kesulitan anggaran.

“Pengeluaran manfaat pajak pemerintah telah naik dua kali lipat di bawah pemerintah terbaru, di mana pengeluaran pembayar pajak mencapai GBP 4 miliar per tahun. Jumlah itu setara dengan GBP 180 per tahun per rumah tangga,” tandas IFS.

Menteri Pemerintah Daerah Inggris, Brandon Lewis telah memberikan dukungan pajak pemerintah untuk mendukung perusahaan lokal, mengurangi kasus penipuan pajak, mempromosikan perusahaan lokal, dan membuat orang kembali bekerja.

Awal pekan ini, sekelompok anggota parlemen mendapatkan kritik atas perubahan manfaat pajak pemerintah. Komite Pertanggungjawaban Publik Inggris mengatakan bahwa 225.000 orang mendapatkan insentif pajak. Karena perubahan sistem pajak itu pula, StepChange khawatir situasi akan terus memburuk.

Nemi/Journalist VM/BL

Editor: Rimba Laut

Pic : telegraph