How To Get Customer Loyalty

Market

(Business Lounge – Marketing) – Banyak perusahaan di dalam melakukan penjualan, hanya memperhatikan volume penjualan tanpa mempertimbangkan loyalitas konsumen. Kadang orang tidak tahu, bisa saja penjualan laris di muka tapi berakhir sepi karena tidak ada pengunjung yang tetap loyal. Perlu Anda ketahui, bahwa meraih penjualan besar belum tentu dapat meraih loyalitas dari konsumen . Untuk dapat meraih loyalitas dan kepercayaan, perusahaan-perusahaan dapat mempelajari taktik yang dilakukan beberapa perusahaan berikut yang dinilai pantas menyandang titel perusahaan dengan loyalitas konsumen terbaik dunia.

Berikut beberapa perusahaan yang bisa menjadi contoh bagaimana mereka bisa menjadikan konsumen mereka loyal terhadap produk atau jasa yang mereka hasilkan dan pasarkan :

Amazon: Buat Menjadi Personal

Perusahan pengecer online ini menjual hampir segalanya. Dengan jutaan produk, akses selama 24/7, pencarian superior dan teknologi browsing yang sangat canggih dilengkapi dengan review dari konsumen lain dan informasi mendalam mengenai produk, pengalaman belanja di Amazon memang sangat memuaskan.

Yang menjadikan konsumen loyal terhadap Amazon bukan hanya kepastian bahwa produk yang dicari ada di toko online tersebut, tetapi juga fitur situs yang memungkinkan pembeli mengambil keputusan pembelian berdasarkan rekomendasi dari pembeli sebelumnya. Bahkan situs ini juga menyarankan produk komplementer untuk melengkapi pembelian dari suatu produk.

Coca-Cola Menjual Kebahagiaan

Sejak awal keberadaannya Coca-Cola selalu konsisten dengan jargon-jargon yang menggambarkan kesenangan dan kepuasan untuk konsumen yang mengkonsumsi produk minuman ringan ini. Coca-Cola mendorong penyampaian pesan ini ke seluruh kontak konsumennya, mulai dari Facebook hingga ke mesin penjual khusus produk Coca-Cola.

Coca-Cola juga dinilai sebagai merek memiliki respek yang mendalam dan baik terhadap sejarah masa lalu. Perusahaan ini tidak melupakan dari mana mereka berawal, hal ini merupakan sesuatu yang sangat penting bagi konsumen.

FedEx Selalu Menepati Janji

Kalau namanya perusahaan berani berkata bahwa janji kepada konsumen pasti akan selalu ditepati, pastilah semua orang berbondong-bondong untuk menggunakan produk atau jasa tersebut. Dengan jargonnya “Kami Memahami” perusahaan jasa logistik ini menegaskan pemahaman atas pentingnya barang yang dipercayakan kepada mereka untuk diantarkan. FedEx tidak menganggap barang-barang tersebut hanya sekadar tumpukan kardus. Perusahaan ini menyatakan bahwa mereka mengerti bahwa barang-barang tersebut merupakan harta bagi pelanggannya. Bahwa apa yang dikirimkan oleh pelanggan pasti memiliki arti penting baik bagi pengirim maupun penerimanya.

Untuk makin menekankan pesan “Kami Memahami” tersebut FedEx mengadakan program penghargaan untuk para pelanggannya melalui sosial media. Hingga saat ini FedEx sudah berhasil menciptakan identitas perusahaan yang kuat dan meraih kepercayaan yang sangat tinggi dari para pelanggan.

Apple: Tetap Cool dan Fun

Apple adalah satu dari sedikit sekali perusahaan yang setiap produk barunya selalu dinati-nantikan. Bahkan bukan menjadi sesuatu yang aneh untuk melihat antrian panjang di toko pengecer resmi Apple pada hari-hari rilis produk terbarunya. Setiap produk baru dari perusahaan ini diyakini pasti merupakan produk yang canggih dan akan mampu memberikan nilai tambah bagi cara komunikasi pelanggan dan membuat hidup mereka secara umum lebih nyaman dan mudah.

Apple juga berusaha untuk memperdalam keterikatan dengan pelanggannya dengan konsep toko yang memungkinkan terjadi pendekatan antara pegawai toko dan pelanggan. Apple hanya menerima pegawai toko yang paling ramah dan tidak mengukur keberhasilan seorang sales person hanya berdasarkan hasil penjualan semata.

Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research

Editor : Fanya Jodie