Meski Merugi Puluhan Juta Poundsterling, Keuangan Liverpool Terus Membaik

(Business Lounge РBusiness Today) Liverpool Football Club dikabarkan mengalami kerugian hingga GBP 50 juta pada musim pertandingan tahun 2012-13. Sekalipun  merugi, manajemen klub yang bermarkas di Anfield itu optimis sudah menuju ke arah bisnis yang benar dengan keuangan yang masih sehat.

Musim pertandingan lalu, utang Liverpool mengalami penurunan sebesar 29 persen menjadi GBP 45,1 persen. Penurunan itu banyak didukung oleh naiknya pendapatan klub sebesar 9 persen menjadi GBP 206,1 juta.

Ditambah dengan adanya suntikan dana sebesar USD 46,8 juta dari pemilik Liverpool, Fenway Sports Group telah memungkinkan klub untuk membayar pinjaman pembuatan stadion baru.

Untuk masalah performa dilapangan hijau, saat ini Liverpool berada di posisi kedua klasemen sementara Liga Inggris di belakang Chelsea. Dengan performa yang baik, Liverpool berharap dapat bermain di UEFA Champions League musim depan.

Untuk informasi, Liverpool sudah tidak ambil bagian dalam kompetisi klub kasta tertinggi di Eropa itu sejak musim 2009-10. Menurut direktur Liverpool-Ian Ayre, walaupun harus melewati fase kualifikasi, UEFA Champions League selalu memberikan pendapatan yang menguntungkan bagi setiap klub di Eropa.

Dengan sisa 10 pertandingan lagi, Liverpool juga masih bisa terus bersaing untuk memenangkan liga Inggris pertamanya, yang terakhir didapat pada tahun 1990 silam.

Hasil keuangan musim lalu menunjukkan bahwa kesehatan keuangan klub terus menunjukkan kemajuan yang baik seperti yang ditunjukkan dalam perjalanan liga musim ini.

Ayre juga mengatakan, selama empat atau lima tahun terakhir, pendapatan Liverpool terus meningkat secara konsisten. Pada tahun 2009, Liverpool hanya mendapat pemasukan sekitar GBP 170 juta, namun sejak musim ini dimulai hingga bulan Februari 2014, pendapatan Liverpool sudah lebih dari USD 200 juta.

“Utang luar negeri kami telah menurun secara signifikan menjadi kurang dari GBP 50 juta. Dengan pemilik yang sangat mendukung klub, kami telah memiliki pendekatan yang terukur untuk menstabilkan keuangan kami kembali dengan cara yang terstruktur, baik di dalam dan luar lapangan,” tambah Ayre seperti yang dilansir bbc.

Joel/Journalist

Editor: Jul Allens

Pic : www.hdpaperwall.com