Jan Koum, Pendiri WhatsApp yang Berawal dari Imigran kini Mendadak jadi Miliarder

(Business Insider – Tech & Gadget) Akhir pekan lalu dunia teknologi dikejutkan dengan kabar diakuisisinya WhatsApp oleh Facebook dengan dana yang super besar. Meskipun kabar tersebut sudah lama berhembus namun tidak ada yang menyangka jika Facebook berani mengakusisi WhatsApp dengan dana yang sangat diluar perkiraan.

WhatsApp sendiri adalah salah satu layanan chatting online terbesar di dunia yang telah memiliki lebih dari 450 juta pengguna di seluruh dunia ini. Namun masih banyak yang belum mengetahui siapa sosok dibalik kelahiran dan kesuksesan perusahaan yang baru saja diakuisisi oleh salah satu raksasa jejaring sosial yaitu Facebook.

CEO WhatsApp yang juga sebagai pembuat WhatsApp yaitu Jan Koum adalah sosok terpenting dibalik lahirnya dan suksesnya WhatsApp. Pria yang lahir di Ukraina ini dibawa orang tuanya pindah ke Amerika Serikat ketika usianya 16 tahun. Semenjak pindah, Jan Koum harus berjuang bersama keluarganya yang imigran, bahkan untuk bertahan hidup Jan Koum dan keluarganya harus bergantung pada kupon untuk mendapatkan makanan gratis.

Seperti yang dilansir dari Business Insider, dalam sebuah blog yang memaparkan kisah pilu Jan Koum hingga menjadi sukses yang ditulis oleh Jim Goetz yang merupakan pemilik modal disebutkan bahwa tempat keluarga Jan Koum biasa mengambil kupon untuk mendapat makanan berada di wilayah Mountain View, Callifornia yang dimana lokasi tersebut tepatnya berada hanya beberapa blok dari kantor WhatsApp berada saat ini.

Setelah melalui perjuangan hidup yang cukup menyedihkan, tahun 2009 Jan Koum akhirnya bertemu dengan Brian Action. Brian Action sendiri sebelum bertemu dengan Jan Koum sempat melamar kerja ke Facebook dan Twitter, namun ternyata hasilnya ditolak. Dan berawal dari pertemuan itulah Jan Koum dan juga Brian Action mulai mengerjakan proyek startup WhatsApp yang akhirnya kini mendunia.

Tapi kini semenjak WhatsApp diakuisisi Facebook, Jan Koum dan Brian Action mendadak menjadi miliarder. Bagi Jan Koum hal tersebut merupakan perjuangan yang akhirnya terbayarkan dimana awalnya kisah hidupnya berjalan dengan menyedihkan kini tiba-tiba mendadak langsung menjadi miliarder. Namun berbeda dengan Jan Koum, bagi Brian Action diakuisisinya WhatsApp oleh Facebook ini merupakan sesuatu yang unik pasalnya sebelumnya dia pernah melamar kerja di Facebook tapi ditolak, namun sekarang dirinya malah bisa langsung bergabung dengan Facebook sebagai salah satu direksinya jika nantinya akuisisi tersebut berjalan lancar.

Facebook sendiri seperti yang sudah diketahui mengakusisi WhatsApp dengan dana sebesar USD 19 miliar atau setara dengan Rp 223 triliun dan menjadi salah satu pembelian terbesar oleh perusahaan teknologi di tahun 2014 ini.

(Lingga Dwi/Journalist Vibiznews)

Editor : Fanya Jodie