Penjualan Mobil Di Kawasan Eropa Meningkat Seiring Pertumbuhan Ekonomi

(Business Lounge – Business Today) Penjualan mobil di Uni Eropa naik bulan lalu, terangkat oleh kenaikan permintaan di negara krisis seperti Yunani dan Irlandia. Asosiasi produsen mobil Eropa (ACEA) melaporkan  penjualan melonjak 5,5 persen menjadi 935.640 kendaraan dibandingkan Januari 2013.

Ini adalah pertumbuhan di bulan kelima secara berturut-turut, kenaikan ini sendiri banyak didukung oleh diskon besar yang dibuat oleh produsen. Seperti penjualan di Yunani naik 15,4 persen, Portugal melonjak 31,8 persen, dan Irlandia naik 32,8 persen. Kenaikan ini juga menunjukan berjalan baiknya pemulihan ekonomi di negara-negara itu.

Semua pasar negara Uni Eropa utama mencatat pertumbuhan penjualan mobil, dengan Inggris dan Spanyol naik 7,6 persen, Jerman naik 7,2 persen, Italia naik 3,2 persen, dan Perancis naik 0,5 persen. Asosiasi tersebut juga laporkan mobil pabrikan besar seperti Volkswagen, Peugeot, dan Renault mencatat penjualan yang sangat baik.

Volkswagen yang merupakan produsen mobil terbesar di Eropa membukukan kenaikan penjualan paling tinggi, lalu Bentley dan Lamborghini naik 8,2 persen, Skoda mengalami kenaikan 10,3 persen, dan Audi naik 8,5 persen.

Namun untuk penjualan di Eropa ini ada pabrikan mobil yaitu Hyundai mengalami penurunan penjualan mobil di Eropa hingga 5,5 persen pada bulan Januari dan karenanya untuk kedepan perusahaan asal Korea Selatan ini  tidak akan mengejar kenaikan pangsa pasar di Eropa.

(ja/IC/bl-bbc)

Pic: autoeurope.com