Samsung Pilih Berhenti Memproduksi Chipset Apple, TSMC Girang

(Business Lounge –  Tech & Gadget) Persaingan antara kedua produsen smartphone yang saat ini masih menjadi penguasa di pasar smartphone dunia yaitu Samsung dan Apple memang bisa dibilang unik, pasalnya meski keduanya masih terlibat pertarungan di pengadilan perihal hak paten, namun nyatanya Samsung dan Apple masih saling membutuhkan dengan masih terjalinnya kerjasama diantara mereka dimana Samsung didapuk sebagai penyedia komponen bagi chip prosesor perangkat Apple.

Dan tentu saja memang seperti yang sudah diketahui Apple selalu mengandalkan Samsung untuk membuat chip prosesor untuk perangkat Apple seperti iPhone dan iPad. Namun nyatanya banyak yang menganggap kerjasama kedua pihak ini sebenarnya tidak sehat bagi kedua perusahaan.

Memang meski Apple sudah mengatakan bahwa mereka sudah mengandalkan perusahaan asal Taiwan yaitu TSMC(Taiwan Semi-conductor Manifacturing Company) sebagai penyedia komponen dan juga pembuat untuk chipset terbarunya, namun Apple tetap mengandalkan Samsung meskipun mereka sudah menurunkan jumlah permintaannya. Hal tersebut nyatanya membuat Samsung mengambil langkah untuk berhenti sebagai penyedia komponen dan pembuat chip prosesor Apple tersebut.

Keputusan Samsung yang memilih berhenti sebagai penyedia komponen serta pembuat chipset prosesor Apple tentu saja disambut baik oleh perusahaan asal Taiwan TSMC yang membuat mereka menjadi satu-satunya yang akan menjadi penyedia dan juga pembuat chip prosesor terbaru untuk perangkat terbaru Apple nantinya.

Namun menurut yang dilansir dari halaman Phone Arena, Samsung menegaskan keputusannya untuk berhenti menyediakan pasokan komponen untuk Apple bukan karena persaingan, perang paten ataupun proses pengadilan yang masih berlanjut. Perusahaan asal Korea Selatan itu mengaku tidak bisa memenuhi keinginan Apple dalam menyediakan chip dengan proses produksi 20nm (nanometer).

Proses produksi 20nm milik Samsung diklaim masih kurang sempurna dan tidak sesuai keinginan Apple. Tapi di sisi lain, TSMC telah mampu memenuhi kebutuhan pesanan perusahaan yang berbasis di Cupertino, Amerika Serikat itu hingga 70 persen.

Tapi meskipun Samsung sudah menegaskan akan berhenti menjadi penyedia dan pembuat chip prosesor terbaru Apple, namun nyatanya masih banyak yang memprediksi jika Apple dan Samsung nantinya akan kembali bekerjasama. Pasalnya nanti chip A9 besutan Apple ini akan memakai proses produksi 16nm atau 14nm. Dan jika berkaca dengan prosesor sebelumnya, Samsung memang cukup berpengalaman dalam proses pembuatan chip dengan kedua model proses produksi tersebut dibandingkan TSMC.

 

(ldr/FJ/bl)