Keberhasilan Bisnis Michael Kors Holding Ltd; Hasilkan 3 Miliarder di Amerika

Siapa yang tidak mengenal produk Michael Kors Holding ? Jika diantara pembaca ada yang tidak memiliki produknya, at least pasti sudah cukup sering mendengar produk berlabel “Michael Kors” tersebut di pasaran. Michael Kors merupakan merek fashion yang sering dipakai kalangan jetset Amerika dan Eropa yang menggabungkan keanggunan dan gaya sporty.

Michael Kors sendiri juga perancang dari fashion-fashion yang dihasilkan perusahaan yang pekan lalu resmi menjadi miliarder baru di Amerika setelah melaporkan kinerja keuangan perusahaan yang spektakuler pada kuartal terakhir tahun 2013. Akibat laporan kinerja perusahaan yang memiliki nama saham KORS tersebut, bursa Wallstreet menjadi terangkat dan berada di level positif menjelang akhir pekan lalu.

Perusahaan yang didirikan Michael Kors pada tanggal 13 Desember 2002 sejak pertama kali IPO pada Desember 2011 terus mengalami pertumbuhan. Pada perdagangan di Bursa Saham AS Kamis  lalu (6/2) saham Michael Kors Holding (KORS) melonjak naik hampir 20% karena penghasilannya yang spektakuler.

Michael Kors melaporkan pendapatannya di kuartal-IV sebesar $ 1 miliar, meningkat 59% dari kuartal-III 2013 dan jauh diatas perkiraan Wall Street yang memprediksikan pendapatan Kors berada di kisaran $860 juta.  Penjualan bersih ritel nya meningkat 51,3% menjadi $503.4 juta, dimana peritel mewah mengatakan didorong oleh peningkatan hampir 28% dalam penjualan toko sebanding dan 98 pembukaan toko baru sejak akhir kuartal ketiga tahun 2013.

Mungkin tidak banyak yang mengetahui hal ini, ternyata Michael Kors melepas hampir sebagian besar saham yang Ia miliki pada perusahaan yang Ia dirikan tersebut. Dua tahun lalu ia memiliki lebih dari 15 juta saham Michael Kors, namun hari ini ia hanya memiliki sekitar 4 juta saham dalam perusahaan yang didirikannya. Pada harga saat ini yaitu senilai sekitar $ 360 juta.

Sebagian besar kekayaan bersih yang tersisa pada Michael Kors Holding adalah investasi yang berasal dari ratusan juta dollar saham Michael Kors yang ia jual dalam beberapa tahun terakhir. Bersumber dari salah satu majalah bisnis internasional, Forbes, mengatakan bahwa saat ini Michael Kors Holding sudah mencetak 2 miliader lain yaitu, Silas Chou dan Lawrence Stroll.

Kors, hanyalah salah satu dari sekian banyak ikon fashion dunia yang berhasil menjadi miliader melalui produk-produknya. Dalam 2 tahun terakhir, beberapa nama yang sering disebut di dunia fashion antara lain Tory Burch, Sara Blakely (Spanx), Renzo Rosso (Diesel Jeans), Nicolas Puech (Hermes), Domenico Dolce dan Stefano Gabbana (Dolce & Gabbana), dan keluarga Cassegrain (Longchamp). Mereka bergabung dengan barisan didirikan mogul fashion seperti Miuccia Prada, Ralph Lauren, Gerard dan Alain Wertheimer (Chanel), dan Giorgio Armani.

(sr/IC/bl)

Foto :  bellamaas.com