Aktris Senior Amerika, Shirley Temple Tutup Usia

(Business Lounge – World News) – Siapa yang tidak mengenal, Shirley Temple, aktris cilik yang sangat berbakat sejak kecilnya dan dalam masa hidupnya setelah menjadi aktris dia aktif dalam bidang politik dan diplomatik. Dia meninggal dalam usia  usia 85 tahun.

Keluarganya menyampaikan  bahwa Shirley Temple meninggal dengan tenang di rumahnya di Woodside, California. “Kami memberi penghormatan untuk prestasinya yang luar biasa sebagai aktris, diplomat, dan yang terutama sebaga ibu kami yang tercinta, nenek, buyut dan istri yang selama 55 tahun telah mendampingi mendiang Charles Alden Black,” demikian dalam pernyataan yang mereka sampaikan.

Shirley Temple berusia tiga tahun ketika ibunya memasukkan dia ke sekolah menari, tempat pencari bakat menemukan dia dan memberikan peran di “Baby Burlesk”. Eksekutif studio film melihat dia dan tahun 1934 dia muncul dalam film “Stand Up and Cheer” dan tarian serta lagunya “Baby Take a Bow” mencuri perhatian.

Tahun 1935 dia mendapat penghargaan Oscar khusus untuk “sumbangan luar biasa ke dunia hiburan.”

M8DDIMP FE005

Shirley Temple meraih ketenaran internasional pada tahun 1934 lewat film “Bright Eyes”. Film ini berhasil menunjukkan bakatnya serta juga ciri khasnya, gadis cilik berambut keriting dengan lesung pipit. Senyuman, tarian dan nyanyiannya sangat menonjol dan memberikan kesan yang mendalam bagi dunia saat itu. Sampai akhir tahun 1930-an, beberapa film yang dibintanginya berhasil meraup kesuksesan besar, diantaranya Curly Top dan Heidi.

Dia juga bermain dalam 40 film termasuk “The Little Colonel,” “Poor Little Rich Girl,” “Heidi”, dan “Rebecca of Sunnybrook Farm” dalam 10 tahun, tampil bersama bintang-bintang besar seperti Randolph Scott, Lionel Barrymore dan Jimmy Durante.

Kehadirannya sering dikaitkan dengan sejumlah lagu, termasuk “ Animal Crackers in My Soup” lagu yang muncul pada film Curly Top dan “”On the Good Ship Lollipop” dari film Bright Eyes.

Beranjak remaja, ia membintangi beberapa buah film. Namun kesuksesan yang diraih dimasa remaja tidak sesukses masa kecilnya. Ia pensiun sepenuhnya dari bisnis film pada usia 22 tahun dan setelahnya, ia hanya tampil beberapakali dalam acara televisi.

Setelah meninggalkan bisnis pertunjukan, ia mencalonkan diri sebagai anggota Kongres AS pada tahun 1967, namun gagal. Tahun 1974, Ford menunjuk Shirley Temple Black menjadi Duta Besar untuk Ghana dan dua tahun kemudian menjadikan dia pimpinan protokol. Pada dekade setelahnya dia melatih para duta besar baru atas permintaan pemerintah. Juga Presiden George H.W. Bush menjadikan dia sebagai Duta Besar untuk Praha tahun 1989.

(ic/ic/bl)

Foto:  newswhip.com, hollywoodreporter.com