Facebook Andalkan Pengguna di Kawasan Asia untuk Raih Kesuksesan

(Business Lounge – Tech & Gadget) – Salah satu situs jejaring sosial terpopuler yaitu Facebook memang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-10 pada tanggal 4 Februari 2014 lalu, namun siapa sangka situs yang lahir sejak tahun 2004 lalu sekarang sudah berhasil mengubah budaya bersosialisasi mayoritas masyarakat dunia.
Tapi meski Facebook saat ini memang menjadi salah satu raksasa jejaring sosial bukan berarti Facebook mampu menguasai pasar jejaring sosial saat ini karena saat ini pasar jejaring sosial sudah tidak hanya milik Facebook lagi seperti halnya tahun 2004 lalu karena saat ini sudah banyak jejaring sosial yang sukses menarik perhatian pengguna seperti Twitter, Pinterest, Google+, Path, dan Instagram.
Karena makin banyaknya pesaing tidak sedikit sedikit analis yang menilai jumlah pengguna Facebook akan terus merosot dalam beberapa waktu ke depan. Para peneliti dari Princeton University bahkan memprediksi jejaring sosial yang dirintis oleh Mark Zuckerberg itu akan kehilangan hingga 80 persen penggunanya di tahun 2017 mendatang.
Namun menanggapi kabar ini, Head of Growth and Mobile Partnerships Facebook India Kevin D’Souza mengaku sudah memiliki solusi. Menurutnya, Facebook harus bisa mempertahankan dan memperluas pasar pengguna di wilayah Asia. Hal ini perlu dilakukan mengingat pengguna di wilayah Amerika Serikat dan Eropa dinilai cenderung lebih mudah berpindah ke layanan jejaring sosial lainnya.
Seperti yang dilansir dari AFP, Salah satu negara yang memiliki potensi begitu besar bagi Facebook menurut D’Souza adalah India. Dari hasil riset D’Souza menunjukkan pengguna Facebook di India akan betumbuh hingga 150 juta di akhir tahun 2014, naik dari saat ini yang diperkirakan mencapai sebesar 93 juta.
Selain India, sejumlah wilayah negara berkembang di Asia, termasuk Indonesia, juga diyakini masih akan menjadi pangsa pasar utama bagi Facebook.
Seperti yang diketahui bersama bahwa sebelumnya prediksi riset yang menyebutkan Facebook akan ditinggal para pengguna secara besar-besaran di tahun 2017 mendatang atau bahkan ada yang menyebutkan bahwa Facebook akan “Mati” di tahun 2017 sudah terbantahkan berkat adanya data total jumlah pengguna Facebook yang baru saja dirilis. Menurut data tersebut hingga saat ini pengguna aktif bulanan Facebook diperkirakan mencapai 1,23 miliar. Selain itu mereka juga mengumumkan telah meraih rata-rata 757 juta pengguna aktif harian dan 945 juta pengguna aktif bulanan selama Desember 2013.

(Lingga Dwi Rizky/FJ/BL)

Foto : The Next Web