Ramaikan Bisnis Penerbangan Eropa, Air France Upgrade Layanan Kelas Bisnisnya

(Business Lounge – Business Today)  Nampaknya persaingan bisnis pada industri maskapai penerbangan di eropa semakin memanas, dimana semua maskapai di Eropa berusaha meningkatkan layanannya demi memikat banyak penumpang. Baru baru ini maskapai penerbangan perancis AIR France- KLM Group meluncurkan produk terbaru yaitu memperkenalkan kursi kelas bisnis yang untuk menikmati layanan tersebut dipatok harga sebesar  €50.000 atau setara dengan $68.000 dengan fasilitas tempat tidur yang “fully-flat”.

Sebenarnya kelas bisnis ini sudah tak asing bagi dunia maskapai penerbangan, British Airways yang merupakan pesaing utama Air France telah lebih dulu memelopori kelas ini lebih dari satu dekade yang lalu. Namun maskapai Perancis ini berusaha saingi layanan rivalsnya.

Air France memiliki armada yang cukup mumpuni dimana tercatat 44 buah pesawat Boeing 777 wide-body aircraft dengan kursi yang diproduksi oleh Zodiak Aerospace yang telah bekerjama dengan Air France selama 2 tahun terakhir. Untuk menambah kenyamanan para penumpang maskapai meng-upgrade dan meremajakan beberapa fasilitas antara lain, 16 inci layar beresolusi tinggi, peremajaan ini dilakukan secara intensif sejak satahun lalu.

Air France menjadi pendatang baru di kelas fully-flat bisnis ini dimana sebelumnya pasar ini telah dikuasai oleh maskapai lain yaitu Emirates dan Singapore Airlines. Untuk ikut bergabung dan meramaikan dalam persaingan, Air France melakukan studi pengembangan bisnis ini selama kurang lebih 4 tahun dengan biaya mencapai 200 juta Euro dan 50 juta untuk perbaikan kelas lainnya. CEO Air France menyakini bahwa ini langkah yang tepat dan mereka siap untuk meramaikan persaingan sebagai kompetitor yang besar dan tangguh.

Tahun lalu, lebih dari 15 juta orang telah menikmati layanan Air France. 1.6 juta diantaranya menggunakan kelas bisnis yang berkontribusi pada satu per tiga keuntungan perusahaan. Akankah peluncuran kelas ini dapat mendongkrak keuntungan perusahaan ditengah ketatnya persaingan maskapai penerbangan? Kita lihat saja.

(rf/IC/bl)