Pendapatan Pembuat Flappy Birds IDR 600 Juta Per Hari

(Business Lounge – Tech & Gadget) – Saat ini, siapa yang tidak mengenal game Flappy Bird. Game yang bisa membuat ketagihan dan memancing emosi ini memang sedang digandrungi pemilik smartphone iOS dan Android. Meski hadir dengan konsep permainan yang sederhana tapi mampu membuat permainan ini memuncaki tangga aplikasi pada App Store dan Google Play Store selama hampir satu bulan.

Burung kecil sebagai tokoh utama dalam permainan, telah membuat jutaan orang frustasi dan emosi memainkan game ini. Tapi justru hal ini membuat penggemarnya sangat ketagihan dan menimbulkan keinginan untuk terus memainkannya.

Sosok di balik pembuat game Flappy Bird

Tidak membawa nama perusahaan yang besar, dan tidak terlihat kekuatan tim yang banyak untuk membuat aplikasi ini, kesuksesan game ini hanya dipelopori oleh satu orang yang berasal dari Vietnam, bernama Dong Nguyen.

Jika banyak aplikasi dibuat oleh para pengembang dengan menghabiskan beberapa bulan bergelut dengan coding, tidak halnya dengan Nguyen. Pria berusia 29 tahun ini mengatakan hanya memerlukan beberapa malam saja untuk membuat game dan itu dilakukannya setalah dirinya pulang kerja.

Sebenarnya Nguyen telah meluncurkan game ini pada bulan Mei 2013, setelah beberapa bulan berlalu, tepatnya pada November 2013 tidak ada yang menyangka game besutannya menjadi terkenal dan terus melonjak popularitasnya. Sampai hari ini telah diunduh lebih dari 50 juta kali, dan telah mengumpulkan ulasan lebih dari 47 ribu, sebanyak aplikasi terkenal lainnya seperti Evernote dan Gmail.

Pendapatan IDR 600 juta per hari

Kesuksesan game Flappy Bird turut membuat developer sederhana ini meraup penghasilan fantastis. Dalam sebuah wawancara dengan The Verge, sang developer mengatakan menerima penghasilan rata-rata USD 50 ribu atau sekitar IDR 600 juta per hari dari iklan pada aplikasi.

Meski demikian, Nguyen tampaknya tidak terlalu tertarik untuk menambah iklan pada aplikasi, karena tidak mau mengganggu permainan karena banyaknya iklan. Sampai saat ini Nguyen bahkan belum merencanakan untuk mengubah atau memperbaharui permainan, namun dirinya memiliki rencana untuk membuat sekuel pada Flappy Bird.

Flappy Bird memang memiliki daya tarik bagi penggemar game. Namun, dibutuhkan kesabaran ekstra untuk memainkan game ini, karena game ini bisa memancing emosi kalau Anda terlalu ngotot memainkannya. Saran jika Anda ingin memainkan game ini adalah pasanglah alarm untuk menentukan batas waktu bagi Anda untuk memainkannya, karena jangan sampai Anda jadi ketagihan dan lupa pada pekerjaan yang Anda harus kerjakan.

(ef/FJ/vbn-bl)

Foto : knowyourmobile