Mengenal Sosok John W.Thompson, Pengganti Bill Gates di Microsoft

(Business Lounge – Tech & Gadget) – Bill Gates pada bulan ini menyatakan bahwa ia mengundurkan diri dari Microsoft dan lebih memilih fokus pada kegiataan kemanusiaan. Saat ini, posisi penggantinya diberikan kepada John W. Thompson.

Mengenai sosoknya, John W. Thompson sendiri memang bukanlah orang baru di Microsoft, ia telah menjadi anggota dewan selama dua tahun di perusahaan software komputer terbesar di dunia itu. John W. Thompson juga telah memimpin konfersi guna mencari orang yang tepat untuk menjadi CEO Microsoft baru selama sekitar 5 bulan.

Mengenai riwayat pekerjaannya, sebelum bergabung di Microsoft, pria kelahiran New Jersey, 24 April 1949 ini pernah menjabat sebagai CEO Virtual Instrumen dan CEO Symantec Corp hingga April 2009. Dan sebelum menjadi CEO Symantec, pada tahun 1999, Thompson masuk dalam jajaran eksekutif senior di IBM selama 28 tahun, yang bertanggung jawab atas penjualan, pemasaran, dan pengembangan perangkat lunak.

Selain itu ia juga dikenal sebagai pemimpin dalam industri teknologi yang kerap membuat langkah fenomenal selama lebih dari 40 tahun. Thompson juga diketahui sebagai inovator sekaligus investor yang memiliki peran penting dalam kemajuan teknologi di Silicon Valley.

Atas prestasinya tersebut ia masuk dalam kategori Black Enterprise “100 Orang Afro-Amerika Yang Paling Berpengaruh di Perusahaan Amerika” dan didapuk sebagai “Corporate Executive of the Year” di Symantec pada tahun 2004.

Dengan jabatannya sebagai Chairman di Microsoft saat ini, Thompson diharapkan akan menjadi sosok yang paling pas untuk menggantikan posisi Bill Gates dalam memajukan dan mengembangkan perusahaan. Bagaimana nasib Microsoft di tangan Thompson nantinya? Kita tunggu saja perkembangannya.

 

(ldr/FJ/vbn-bl)

Foto : softpedia.com