This is Your Favorite Style

This is Your Favorite Style ?

– Gaya Manajemen Yang Efektif


(Business Lounge – Human Resources) – Sebagai seorang manajer yang efektif maka anda harus mengetahui gaya manajemen apa yang sebaiknya anda pergunakan dan diterapkan dalam mengelola usaha anda. Ada gaya manajemen yang berorientasi pada manusia, atau ada juga gaya manajemen yang menekankan pada proyek atau produksi.

Gaya manajemen yang anda pilih hendaknya dihubungkan dengan keahlian dan pengetahuan dimerge dengan sumber daya yang tersedia seperti waktu dan uang sehingga usaha anda dapat berhasil. Hendaknya gaya manajemen yang anda pilih dapat digunakan dalam segala situasi tetapi harus spesifik sehingga tidak menghambat pekerjaan yang berakibat keluarnya biaya yang besar.

Anda dapat menggunakan salah satu dari ketiga gaya manajemen di bahwa ini:

1. Gaya Partisipasi.
Gaya manajemen ini melibatkan semua karyawan melakukan tugas yang sama, masing-masing berpartisipasi dalam menyelesaikan tugas dan merasa keterkaitan satu sama lain sehingga setiap karyawan termotivasi untuk menyelesaikan tugas itu. Partisipasi ini dapat dibentuk dalam grup-grup dan masing-masing anggota grup dapat saling mengisi dalam menyelesaikan tugas.

Perlu diperhatikan untuk gaya manajemen partisipasi ini, manajer harus membuat cara-cara dan jalan keluar sehingga kesulitan dan halangan yang terjadi dapat diselesaikan. Manajer juga harus selalu dekat dengan karyawan sehingga ketika terjadi masalah dapat diselesaikan pada waktunya. Untuk memotivasi berikan reward pada saat pekerjaan selesai sehingga mereka melihat bahwa anda sebagai manajer mendukung usaha mereka.

2. Gaya Komando
Gaya manajemen ini muncul karena adanya deadline yang ketat atau proyek yang melibatkan banyak pekerjaan sehingga mengharuskan pendekatan dari atasan ke bawahan. Gaya manajemen ini sangat dingin dan tidak pribadi karena manajer memberitahukan apa yang harus dikerjakan, bagaimana cara mengerjakannya dan kapan mereka menyelesaikannya.

Untuk gaya ini jangan ragu-ragu untuk membuat standar-standar tertentu dan hal-hal yang diharapkan. Komunikasi harus detail, tidak membingungkan. Buat goal yang jelas dan jangka pendek. Ditambah dengan mengambil keputusan yang cepat, dan ketika ada perubahan harap beritahu mereka sehingga apabila terjadi perubahan bisa lancar. Jangan lupa memotivasi dengan hadiah dan penghargaan ketika pekerjaan selesai dengan tepat waktu

3. Gaya Kerjasama Tim
Jika anda ingin membuat pekerjaan itu diselesaikan dengan lebih mendetail dan optimal maka proses penyelesaian dengan gaya kerjasama adalah yang baik. Dengan gaya manajemen kerjasama maka manajer dapat menyatukan pengetahuan dari setiap karyawan sehingga kesulitan dapat lebih cepat selesai demikian juga dengan setiap tugas yang diberikan.

Kerjasama sangat tergantung pada koordinasi dari manajer yang dapat berkomunikasi dengan baik dengan karyawannya. Karyawan harus membuat laporan yang jelas, mudah dimengerti dan dapat dipresentasikan kepada tim dengan jelas dan logis. Tim yang sukses sebaiknya diberi penghargaan sesuai dengan penilaian dari manajemen yang indipenden. Salah satu penilaiannya adalah orang yang mampu menyatu dan menjaga spirit tim terutama dalam tekanan-tekanan.

After we knows about the kinds of management style, manakah kira-kira yang menjadi your favorite style ?

(lt/IC/bl)