Ini Dia Modus Baru Pencurian Data Oleh NSA

(Business Lounge – World Today) – Rumor mengenai tindak kejahatan pencurian melalui PC dan perangkat mobile kian marak terdengar dan bahkan pelaku dari pencurian data privasi tersebut telah terungkap yaitu badan intelejen Amerika Serikat (NSA). Dan kini salah satu modus terbaru badan intelijen Amerika Serikat (NSA) dalam melakukan tindak pencurian data privasi pengguna PC kembali terungkap.

Jika sebelumnya media asal Jerman, Der Spiegel, sempat mengabarkan bahwa NSA telah menyusup ke dalam sistem server Microsoft, kini seperti yang dilansir dari The Next Web, dilaporkan aksi spionase NSA juga memanfaatkan teknologi gelombang radio untuk mengakses data pada komputer yang sedang tidak terkoneksi dengan internet.

Dengan begitu berarti NSA juga memiliki kemampuan untuk mencuri data privasi pengguna meskipun PC yang digunakan sedang dalam kondisi offline, atau tidak terkoneksi dengan sambungan internet.

Berdasarkan data yang diungkap New York Times, aksi pencurian data privasi yang dilakukan NSA melalui teknologi gelombang radio ini sudah dilakukan sejak tahun 2008 yang lalu. Di tahun itu, NSA tercatat melancarkan program yang disebut dengan kode nama saluran gelombang radio rahasia.

Pihak NSA sendiri disebutkan telah membenarkan kabar ini. Namun mereka mengklaim bahwa program saluran gelombang radio rahasia itu tidak diaplikasikan pada pengguna sipil. Mereka mengklaim teknologi penyadapan via gelombang radio ini digunakan hanya untuk menyasar Chinese Army atau intelijen militer angkatan darat China.

Lebih lanjut dijelaskan, NSA juga terungkap telah melakukan pemantauan pada sekitar 100 ribu komputer di seluruh dunia dengan teknologi ini. Namun kali ini mereka memang tidak terbukti menggunakannya pada PC milik warga masyarakat sipil.

 

(ldr/FJ/vbn-bl)

Foto : dailytech.com