Jelly Bean Masih Jadi Sistem Operasi Android yang Paling Banyak Diadopsi

(Business Lounge – Tech & Gadget) – Dari dunia teknologi, perkembangan sistem operasi yang terkenal dengan robot hijaunya ini yaitu Android hingga kini kian meningkat seiring dengan jumlah produsen smartphone yang banyak mengadopsi sistem operasi besutan Google tersebut. Namun meski saat ini sistem operasi terbaru Android yaitu Android KitKat telah diluncurkan, tapi nyatanya sistem operasi yang merupakan pendahulunya yaitu Android Jelly Bean masih menjadi sistem operasi Android yang paling banyak digunakan.

Menurut yang dilansir dari The Next Web, hingga akhir tahun 2013, jumlah pengadopsi sistem operasi Android Jelly Bean tercatat mencapai 59,1 persen. Jumlah ini meningkat dari periode satu bulan sebelumnya yang masih berjumlah 52,1 persen.

Sistem operasi Android Jelly Bean sendiri yang merupakan gabungan dari versi 4.1, 4.2, dan 4.3 dalam tiga bulan terakhir memang relatif dominan dibandingkan versi lainnya. Sedangkan jumlah distribusi Android KitKat dalam kurun waktu dua bulan terakhir telah mencapai 1,4 persen.

Seiring dengan tumbuhnya jumlah pengadopsi Android versi teranyar, secara tidak langsung pengadopsi Android versi lawas pun kian menurun. Misalnya saja distribusi perangkat Android 2.3 Gingerbread yang saat ini sebesar 21,2 persen atau menurun dari sebulan lalu yang masih mencapai 24,1 persen.

Sama halnya dengan Gingerbread, pangsa pasar Android Honeycomb pun kian menyusut hingga hanya mencapai 0,1 persen di akhir tahun 2013 dan juga Android 2.2 Froyo yang saat ini angka distribusinya hanya sebesar 1,3 persen.

 

(ldr/FJ/vbn-bl)

Foto : technobuffalo.com