Memberikan Reward Kepada Pelanggan

(Business Lounge – Service) – Semua bisnis tentunya ingin memiliki pelanggan yang loyal. Pelanggan yang meskipun punya banyak pilihan, namun tetap setiap pada produk/layanan tertentu saja. Untuk membentuk pelanggan loyal, salah satu caranya adalah dengan memberikan reward kepada pelanggan.

Reward kepada pelanggan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang positif kepada pelanggan, sehingga mereka akan tetap mau berbisnis di masa depan. Berikut ini adalah beberapa cara dalam memberikan reward pada pelanggan:

Membership
Anda dapat menawarkan program membership kepada para pelanggan loyal. Biasanya, untuk membuat membership ini, pelanggan dikenakan biaya tertentu. Namun, Anda juga dapat memberikan membership ini secara gratis kepada pelanggan loyal Anda. Keuntungannya? Para pelanggan loyal Anda berhak untuk memperoleh penawaran eksklusif yang tidak diperoleh pelanggan lain, pelayanan spesial, diskon khusus, dan sebagainya. Dengan demikian, maka pelanggan loyal tersebut diharapkan akan terus menjalin bisnis dengan Anda di masa yang akan datang.

Contoh-contoh benefit yang bisa diperoleh dari membership, diantaranya:
• berhak membeli duluan item limited edition (cocok untuk target segmen kelas atas)
• biaya delivery lebih murah
• diskon pada tiap pembelian

Ciptakan Program Reward
Ciptakan program reward khusus bagi pelanggan yang loyal kepada Anda dalam jangka panjang. Contohnya adalah program reward poin, jika pelanggan mencapai poin tertentu maka mereka dapat memperoleh hadiah yang dapat mereka pilih sendiri. Atau buat kebijakan seperti jika total akumulasi pembelian pelanggan mencapai jumlah tertentu, maka dia berhak memperoleh item atau diskon khusus, dan sebagainya.

Kunci sukses dari program reward ini yakni komponen yang menjadi reward adalah sesuatu yang mempunyai value tinggi bagi pelanggan. Oleh karena itu, program ini dibuat harus berdasarkan pemahaman yang baik mengenai pelanggan. Customer Relationship Management memegang peranan yang penting disini.

Personalized
CRM juga punya peran penting dalam melakukan personalization reward bagi para pelanggan yang loyal. Data yang dimiliki CRM seharusnya berisikan informasi mengenai catatan pembelian pelanggan, kontak dan informasi pribadi lainnya. Misalnya, memberikan ucapan kartu ucapan, diskon khusus ataupun hadiah di hari ulang tahunnya, memberikan penawaran khusus pada kategori produk yang sering dibeli oleh pelanggan, dan sebagainya.

Satu hal yang perlu diingat, reward yang dirancang haruslah suatu yang merupakan value bagi pelanggan, sehingga dapat menciptakan pengalaman yang positif. Program reward ini tentunya juga harus disertai dengan service excellence, karena tanpa adanya layanan yang prima maka bisnis tidak akan punya keunggulan yang signifikan dibandingkan dengan pesaing.

(rp/ic/bl-md)

Foto: blogs.sap.com