Akhir Januari, BlackBerry Resmi Berpisah dengan Alicia Keys

(Business Lounge – Technology) – Akhir tahun lalu salah satu penyanyi asal AS Alicia Keys berhasil direkrut BlackBerry untuk menjadi Direktur Kreatif Global di BlackBerry. Dan kini kurang lebih setahun BlackBerry telah mengumumkan bahwa Keys akan meninggalkan jabatannya itu mulai 30 Januari mendatang.

“Kami telah mendapatkan kesempatan untuk bekerja dengan seseorang yang sangat berbakat dan bersemangat,” tulis BlackBerry dalam sebuah pernyataan yang dikutip oleh CTV News.

Keterlibatan Keys dengan BlackBerry mengundang kritik karena penyanyi tersebut dipandang tidak lebih dari seorang selebriti yang direkrut untuk menaikkan brand BlackBerry, meski memiliki jabatan korporat resmi.

BlackBerry tidak menjelaskan apa persisnya peran Keys dalam perusahaan. Produsen smartphone asal Kanada ini mengatakan bahwa Keys memiliki keterlibatan langsung dalam kegiatan operasional, misalnya dalam menyiapkan program beasiswa empat tahun yang mendorong para wanita muda untuk berkiprah di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Keys sempat terlihat mempromosikan sejumlah produk baru BlackBerry pada awal tahun 2013, tapi kemudian kurang terdengar setelah ponsel-ponsel tersebut ternyata gagal di pasaran.

BlackBerry sendiri kini tengah berada di tengah-tengah proses merumahkan sekitar 40 persen tenaga kerjanya. Perusahaan tersebut pada kuartal lalu menderita kerugian senilai USD 4,4 miliar atau IDR 53,2 triliun.

(ldr/IC/bl-vbn)