Investasi Perusahaan China di Inggris Terus Melonjak

(Business Lounge – Business Today) – Dalam beberapa tahun terakhir, Inggris mengalami lonjakan investasi dari Cina. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya perusahaan-perusahaan asal China yang berinvestasi di negara tersebut. Hal ini bisa dilihat dari kunjungan Perdana Menteri Inggris, David Cameron ke China yang membawa misi perdagangan, hal ini menegaskan pentingnya hubungan perdagangan bilateral yang kuat antara kedua negara.

Karena jumlah perusahaan China yang akan mendunia terus meningkat, Inggris tampaknya akan benar-benar membuka pintu untuk investasi China. Sebab manfaat dari investasi mereka sangat berguna untuk pemasukan dana kas negara.

Sejak 2009, investasi China di Inggris yang melalui investasi langsung, merger, dan akuisisi terus mempertahankan momentum yang kuat dan total telah menghasilkan keuntungan hingga USD 12,4 miliar.

Menurut data dari kedutaan besar China di Inggris, tahun ini seperti yang dilansir China economic, total investasi perusahaan China yang telah berinvestasi atau berencana untuk berinvestasi di lebih dari 10 proyek besar di Inggris mencapai hampir USD 5 milyar.

Bagusnya tingkat transparansi di Inggris dan baiknya link mereka di Eropa adalah tawaran yang menarik bagi investor Cina. Perusahaan-perusahaan Cina yang datang ke Inggris akan mendapatkan akses ke beberapa jasa keuangan terbaik dan profesional di dunia. Tentunya hal ini akan mempermudah perusahaan-perusahaan itu dalam menumbuhkan dan memperluas bisnis mereka.

Manfaat nyata dari perusahaan-perusahaan asal China yaitu kemampuan mereka untuk menciptakan dan melindungi pertumbuhan lapangan kerja yang sangat banyak serta membantu bisnis perusahaan-perusahaan Inggris untuk menjadi bagian dari rantai pasokan global.

Merger, akuisisi dan joint venture dengan perusahaan Cina juga telah memungkinkan perusahaan-perusahaan Inggris untuk memasuki pasar domestik Cina yang besar. Sementara beberapa perusahaan Cina berencana berinvestasi di Inggris, perusahaan-perusahaan lain mengambil langkah untuk berinvestasi ke pasar di negara lain.

Saat ini, 2 perusahaan asal China yaitu Mindray Medis International Ltd dan China Telecom Corp Ltd menyatakan telah memutuskan untuk menumbuhkan bisnisnya di Inggris, setelah berhasil menguasai pasar domestik Cina. Shenzhen yang merupakan perusahaan produsen perangkat medis mengharapkan dapat menggunakan Inggris sebagai pusat ekspansi global global mereka.

Sementara itu, untuk China Telecom rencananya akan membuat terobosan yang cukup besar dengan mendirikan kantor pusat mereka untuk wilayah Eropa di London pada tahun 2006 .Perusahaan ini telah bekerja sama dengan beberapa operator jaringan Eropa dan penyedia layanan seperti BT Group Plc, Telecom Italia SpA, dan Spanyol Telefonica SA.

Sebagai informasi China juga sedang menjajaki peluang untuk bekerja sama dengan Electrcite de France SA untuk membangun dua reaktor nuklir di situs Hinkley Point barat daya Inggris. Perusahaan-perusahaan Cina kini sedang melakukan penelitian serta pengembangan investasi mereka di Inggris yang bergerak di keuangan perdagangan dan telekomunikasi untuk memajukan sektor manufaktur, infrastruktur, branding.

(ra/IC/bl-vbn)

Pic: manchestereveningnews